Cara mudah membuat dan menulis blog dengan HP GPRS dan operamini 4

Awal mulanya aku sering ngenet hanya memakai HP ku SE K750i yang sudah ku install program browser java yaitu OPERA MINI 4 dan memakai akses GPRS memakai Indosat Matrix, hingga suatu saat nyangkut di sebuah situs blog milik mas Anjar Priandoyo, dari sinilah awal mulanya aku kenal blog.

Lewat ngenet di HP pula aku langsung memberikan komentar atau kesan pada blog tersebut, sehingga lama-lama malah kepikiran pingin punya blok sendiri, lagi pula memberi nama blog sesuai nama kita sendiri belum tentu dapat, karena siapa tahu sudah dipakai oleh orang lain yang kebetulan namanya sama dengan kita.

Saat ke toko Gramedia nganter istri, aku melihat sebuah buku yang memang kuperlukan untuk membuat blog, biar tidak belajar dari nol benar, buku ini judulnya “TRIK CEPAT MEMBUAT BLOG dengan WORDPRESS”. Setelah baca-baca sebentar, langsung kupraktekkan, aku tetap pake HP SE K750i+MATRIX GPRS+OPERAMINI 4. Iseng saja aku SIGN UP WordPress untuk bikin blog via HP. Ternyata sukses, dan untungnya nama blog yang kumau belum digunakan oleh orang lain. Jadi blog ku ini kubuat hanya dengan jempol tangan kiri, sebagai mana biasa kalau aku SMS, pegang hp dengan tangan kiri, dan pncet-pencet keypad HP dengan jempol kiri.

Secara teknis untuk bisa internet via HP adalah.
1. HP anda harus support GPRS, syukur yang GPRS klas 10, biar cepet aksesnya.
2. HP anda harus support java. Ini diperlukan untuk install program browser java gratis yaitu OPERA MINI 4. Bisa anda buka via browser asli baan hap anda di alamat www.mini.opera.com lalu download saja operamini 4, besarnya tidak lebih dari 140Kb.
3. Setting GPRS di HP anda harus sudah benar, artinya disetting sesuai kartu dan operator yang anda gunakan, langkah mudahnya bisa setting via OTA. Atau jika bingung, datang saja ke Customer Service Operator anda, minta settingkan GPRS.
4. Lebih enak anda pakai kartu GSM Paskabayar, misal Matrix atau Xplor, karena keduanya ada paket langganan GPRS sebesar Rp. 99.000,-/bulan dan dapat jatah 250Mb/bulan.

Jadi sekarang anda fleksibel yaitu bisa langsung ngenet di HP, ataupun bisa ngenet di PC atau laptop, dengan HP sebagai modemnya. Tapi kendalanya jika menulis blog via HP cuma bisa nulis 450 karakter, sepertinya ini adalah batasan maksimal jika menulis SMS (ini kasus di HP SE K750i). Skrg dimanapun dan kapanpun asal ada sinyal GPRS INDOSAT, aku bisa nulis blog. Jadi mari ramai-ramai ngeblog via HP, mudah murah dan meriah.

84 Responses

  1. wah menarik juga kalo bisa anywhere and anytime nge-blog. mahal enggak itu pak biayanya GPRS matrix?

  2. Wah,. Jadi terinspirasi ikutan bkin blog lewat hp ni,. Btw klo pke kartu Im3 bsa g ya? Terus apa musti pke mini opera untuk broswerna? Klo ngedit blog pke hp yg dulunya dibkin lewat kmputer bsa ga ya? Blog saya dibwt dgn blogger.com. Thanx bwt mas hadiyanta,.

  3. Saya baru pemula mas Franky dalam membikin blog, kebetulan saja iseng bikin pake opera mini 4 dan K750i, dan untungnya bisa. Tetapi kalau saya tidak salah, kita tidak bisa mengedit 100% seperti kalau memakai komputer PC atau laptop, ada hal-hal tertentu yang tidak bisa diedit via HP.

    Biasanya kalau kita pakai browser asli bawaan HP, kadang browsernya tidak kompatibel dengan situs-situs tertentu yang rumit, dengan opera mini 4, maka tampilan di layar HP akan sama persis seperti kalau ngenet memakai PC, dan untungnya lagi dengan Opera Mini 4, maka datanya sudah dikompres sehingga beban biaya GPRS kita jadi lebih sedikit.

    Yang jelas kita bisa menulis dan publish tulisan kita via HP+operamini 4, juga bisa buka blog milik orang lain dan kita juga bisa langsung beri komentar via hp kita, tetapi memang terbatas pada seberapa panjang SMS di HP kita, karena SMS di SE K750 hanya 420 karakter, maka kita hanya bisa menulis di blog sepanjang itu.

    Di wordpress ada kok fasilitas untuk memindahkan blog lain berikut komentar-komentarnya ke wordpress. Tapi saya belum tahu caranya, coba mas Franky membuat blog di wordpress dulu, lalu cari cara mengexportnya. Selamat mencoba.

  4. mas, klo sy pka operamini 4 beta..gbs posting baru..tp kt temen yg pke operamini 2, dy bs…plg baru pdhl edisi 4 beta itu ya mas, tp kok mkin terbatas ya aksesx…ada masukan?

  5. oya, sy pake im3…menurut tmn yg kerja di indosat, utk tarif ngenet TERMURAH se-indonesia, emg indosat rajanya…klo gsm ya im3, klo cdma ya star1…

  6. @ rizyana
    Sy justru kalo pake OperaMini 3 (OM3)+Siemens C75+GPRS Xplor, malah tdk posting.
    Sy justru lancar dan berfungsi dg baik utk posting dan maintenance blog ini via HP jk pake OM4+SE K750i+GPRS MATRIX. Tanggapan ini sy posting jg dr K750i, dan maksimal 450 karakter, makanya kadang sy singkat kata2nya.
    Pake HP apa mas, mungkin pengaruh hpnya jg.

  7. Mau bikin website sendiri

  8. Lam knl mas, postingan ini sama dngn apa yg sy lakukan, ngeblog via hp, sy pke Nokia 3110c dngn Operamini 4.1 yg sdh bs uplod fto,kbtlan hp sy bs copy paste jd enak deh..blog nya saya blogroll ya,blhkan?

  9. @ fikrie
    Lam kenal juga. Bisa ya upload gambar via HP, saya lupa pernah nyoba atau belum tentang hal itu. Nih bagi teman-teman yang punya N 311c bisa ngeblog abis, niru fikrie.
    Sangat boleh kok di blogroll. Thank U.

  10. Haloo mas…salam kenal jg ya…brarti kita sama donk…aq bikin blog di blogger.com jg pake opmin 4 tp aq pake kartu mentari dan hape nokia n73.memang sih masih baru bikin blog nya,tapi kan lumayan bisa punya blog sendiri…oya mas aq mau nanya neh kalo pake opmin 4 aq kok gak bisa posting ya di wordpress.com?apa hape nya yg gak support karna n73? Maen maen dong mas ke blog ku di http://www.arjundava.blogspot.com saya tunggu ke datangannya ya mas… 🙂 🙂

  11. kebetulan sekali aku menemukan blog nya mas, met kenal aj dan ak mau nanya nih, mohon di jelaskan.
    gimana cara menulis di blog wordpress dan menerbitkan nya.
    atas jawabannya ku ucapkan trima kasih.

  12. tinggal login ke blog, lalu pilih WRITE untuk menulis, setelah itu klik PUBLISH, maka tulisan sudah tampil di blog.

  13. lam kenal..
    Iya nich aku juga bikin blog wordpress via hp,cuman kendalanya aku gak bisa upload gambar untuk di posting dan aku juga ndak bisa ubah tema.bisa bantu aku please dech.kapan2 mampir ke blog aku ya
    http://www.babad150f.wordpress.com

  14. @ babad150f lam kenal juga.
    Maaf saya belum nyoba lagi, upload gambar via HP, tapi sepertinya memang tidak bisa. Tapi kayaknya ada yang bisa untuk HP merek dan type tertentu, tuh komen mas fikri diatas, yang katanya pake Nokia 3110c + operamini 4, katanya bisa upload foto.

    Prinsipnya ngeblog via hp kalau mau nulis memang terbatas, tetapi masih mendinglah bisa posting tulisan sekiranya ada ide terus ketik di Hp terus di PUBLISH di blog, ntar untuk penyempurnaan kan bisa di warnet, atau di laptop yang terhubung internet.

    Kalau hanya untuk baca-baca blog, via HP dan Operamini 4, rasanya solusi paling murah dan mudah, kan bisa baca dimanapun. mari budayakan membaca, syukur menulis. Kalau mau irit lagi ya pada operamininya tidak perlu gambarnya di keluarkan.

  15. @fikri
    Kalo cuman di blogspot saya juga bisa langsung posting by email langsung dr hape tanPa aplikasi apapun:-D
    @hadiyanta
    Mas tolong bisa bantu gak gimana caranya koneksi antara PC dan hape,saya mau coba ngenet lewat pc dan hape sebagai modem,setelah terkoneksi lewat kabel data selanjutnya gmana,sori gaptek dikit:-D,n kalo bisa langkah langkahnya di pc step by step ya.

  16. @ babad150f
    Coba mas baca tulisan saya yang berjudul “Akhirnya saya bisa ngener di laptop pakai AXIS” Sepertinya step by stepnya sudah saya tulis disitu, laptop dan PC sama saja.

  17. Ok dech ntar tak coba,kamsia.. 😀

  18. aku jg buat dan kelola blog via hp SE k300i. Dlm blog saya, kecuali upload gambar tajuk dan avatar, saya lakukan dgn hp. Termasuk upload gambar yg ada di blog saya.
    Caranya memang ribet. Saya surving gambar dr google, catat urlnya, lalu secara manual saya tuliskan dg kode html berikut: pd kotak postingan.

  19. Yg lebih ribet saat saya mengupload photo saya, hasil jepretan pakai SE k300i. Saya mesti mengirimnya dulu, via mms email dg i-memova indosat dr hp, ke blog saya di myopera (di blog ini bisa upload gambar via mms email). Membuka photo pd blog itu dan mencatat URL-nya. Lalu menulis url itu dg kode html pd kotak penulisan.

  20. mas mau nanya gimana cara bikin blog?

  21. @ mas senen
    Pokoknya masuk ke alamat http://www.wordpress.com dulu, setelah itu klik saja SIGN UP untuk mendaftar, sepertinya ada pilihan BAHASA INDONESIA, jika mas senen lebih senang Bahasa Indonesia. Tinggal ikuti saja petunjuk-petunjuk pengisiannya.
    Mas Senen bisa buka situs http://www.worpress.com via HP (HP nya minimal setting GPRS sudah jalan dan diberi Operamini 4) bisa juga di warnet.
    Silahkan mencoba.
    Nanti kabari saya jika sudah punya blog.

  22. Sangat menarik blog nya. Selamat deh.
    Btw kalo mau upload foto dalam artikel, kita harus menyimpan foto tsb di fotostorage (mis: photobucket) baru kita masukan url-nya di tulisan kita.
    CMIIW

  23. Pak Hadiyanta..salam kenal dari saya:).Sebagai sama2 seorang blogger mobile,bagaimana kalau kita membuka forum khusus blogging mobile (udh sy buat diforum WordPress).Forum ini khusus untuk blogger yg menggunakan hp untk membuat blog.Seperti sy yg total menggunakan hp untk membuat blog.Jika bs..anggota forum bisa saling berbagi informasi.Bagaimana pak???.Oh ya…bpk tau gk caranya memasukkn kode html ke text widget atau pasang javascript/kode yg lain sprti adsense,pake OperaMini trbaru juga sulit.

  24. @ Gusti Dana
    Saya sekarang pakai laptop, kalau pake HP hanya sekedar untuk membaca saja, jadi kurang tahu tentang kode-kode dll. Saya memang belum belajar dan saat ini masih puas pakai wordpress ala kadarnya saja.

  25. Ass.Wr.Wb

    Boleh saya menambah masukan buat teman-teman diatas.

    – Kini ada Operamini terbaru bernama Globaltest.Walaupun pihak operamini masih menganggap versi yg ini sebagai percobaan,tetapi kemampuan akses setingkat lebih cepat dibandingkan versi 4.1,cuma ada beberapa bookmark standart yg dihilangkan dan ditambah dengan fitur baru seperti friendster.Bagi yang pengen mendownload langsung ke HP,silahkan klik disini

    – Untuk membuat blog diwordpress,blogger dan lainnya sama seperti versi operamini 4.1.Untuk cara posting silahkan login->klik tulis post baru,dan jangan lupa mengklik HTML,sedangkan VISUAL kita gunakan untuk menambah gambar/suara/video pada posting kita.Setelah itu klik terbitkan.

    – Bagi yg ingin belajar membuat blog ditempat lain,silahkan mengunjungi blog saya di http://macam2.oggix.org.
    Bagi yg ingin berkenalan atau tukeran link,silahkan mampir di blog saya di http://gustidana.wordpress.com

    Buat mas Hadiyanta,salam kenal dan blog ini saya blogroll ya?:-)

  26. @ Gusti Dana
    Thank infonya semoga berguna bagi rekan-rekan lain yang membaca blog saya.

    Salam kenal juga, terimakasih kalau blog saya di blogroll.

  27. Infonya mantap mas, sayangnya untuk blogku yang berbayar dengan engine wordpress kok malah nggak bisa… aku pakai opera mini 4.1 hp SE P910i, atau harus pake om 3 ?

    wth Artha Jasa

  28. @ wth
    kalau untuk buka website yang lain bisa gak?

    Saya memang install om 3 dan om 4 dalam 1 hp untuk jaga-jaga saja, kadang kalau yang satunya error, bisa pakai yang satunya lagi.

  29. Coba mas wth install OM Globaltest,
    mungkin bisa dipakai di SE P910i.
    Yg terbaru juga bisa langsung upload file dari hp,asal HP-nya mempunyai JSR-75.

  30. Saya pake n73 & m3. Ngeblooog terus,sampe jempol pegel! Di rmh, dikereta, di angkot!
    Sampe postingan ke 3 di wordpress, no problemo.
    Pas mau nulis artikel ke 4, cuma sampe 800 kata,trus ga bisa tambah. Jadilah sampe skarang blm dipublish.
    Adakah yg bisa bantu saya? Kenapa ya kira2? Apa ada settingan khusus agar bisa ngetik lebih dari 800 kata?
    Nuhun pisan ya!

  31. gimana cara mengkoneksi internet pake hp nokia 6300,

  32. @ fani
    maksudnya HP nokia 6300 sebagai modem, atau sekadar untuk ngenet di HP?

    Kalau sebagai meodem, sepertinya harus install dulu software NOKIA PC SUITE, tentu saja FANI harus punya kabel data untuk menghubungkan hp dengan komputer atau laptop.
    Kalau sekedar untuk ngenet di HP, paling mudah minta disetinggkan ke operator saja. Misal kalau pakai IM3, datang saja ke kantor indosat terdekat.

  33. Beneran gampang mas ?.Dibatasi gak tulisan yg dibuat.

  34. Saya sudah punya blog yaitu blogspot saya ingin tanya bagai mana cara menempatkan gambar pada blog saya dengan hp Nokia 3230 ? Terma kasih atas jawabanya

  35. mohon maaf mas, saya sekarang cuma aktif di wordpress saja, yang blogspot saya biarkan stagnan, sehingga tidak begitu tahu seluk beluknya, tetapi rasanya secara teknis, lebih lengkap blogspot, tetapi saya memang mau simple saja, sehingga hanya memakai worpress. Maaf kurang bisa membantu.

  36. @ prahmono
    sepertinya tergantung kapasitas SMS di HP, jadi misala kalau HP sekali tulis SMS bisa 160 karakter X 5, maka sekali posting artinya bisa nulis 800 karakter, termasuk tanda baca tentunya.
    Sebenarnya ngeblog dengan HP kalau terpaksa saja, kalaupun lewat HP mungkin sebaiknya hanya untuk baca-baca blog saja.

  37. Makasih infonya

  38. Lan knal mas..Sya bleh tny g? Sya kan pmla dlm mslah wordpres bleh tau lbih detail lgi g?

  39. @ ayi
    Yang penting nyoba-nyoba saja terus mas, saya nulis di wordpress karena ambil simpelnya saja, saya enggak mau yang aneh-aneh, pokoknya sekadar mau nulis dan tampilin foto saja. Belum mikir nge-blog untuk cari uang, artinya sekedar cari sensasi biar banyak yang nge klik tulisan saya.
    Makanya saat memberi judul tulisan pun, saya buat sejelas mungkin, artinya orang baca judul tulisan saya, maka isinya ya seperti itu, tidak menjebak, atau tidak bikin orang penasaran.
    Selamat mencoba.

  40. Mas tolong aku,aku mau buka opera mini pake nokia 6300 im3 tapi selalu ada kata berlangganan dulu paket data.gimana mas ngatasinya bls ke emaiku rinalarnando@gmail.com

  41. @ Rinal
    Sudah dicoba di hp lain belum mas? Misal dicoba di hp teman yang sudah bisa untuk ngenet di HP, tapi sama-sama pake indosat [metari/IM3], HPnya teman terserah bisa sama bisa lain merek.
    Padahal kalau IM3 kan langsung aktif GPRSnya, jadi tidak perlu daftar segala.
    Mungkin solusi paling mudah, coba sambangi kantor indosat dulu di kota mas Rinal, minta disetingkan internetnya sampai bisa digunakan.
    Maaf saya tidak pakai nokia jadi kurang begitu familier.

  42. buat saudara rinal kalo mau ngenet pake im3 dg nokia 6300 maka anda hrs berlangganan paket data dulu dg cara ketik gprs(spasi)nokia(spasi)6300 lalu kirim ke 3939 tunggu sampai anda mendptkan konfirmasi seting gprs lalu pilih ya dan aktifkan setingan tersebut dan anda bisa langsung berinternetan.

  43. Wow IM3 harus daftar dulu tho, kirain otomatis. thank infonya

  44. Lebih enak kalo pake wordpress, kita ngeblog dikomputer secara offline. Jadi kita bisa ngeblog seperti layaknya online. Itu lebih murah. Untuk petunjuk silahkan anda googling aja. Sy lupa caranya ! Setelah selesai diedit secara offline baru kita masukin ke wordpress kita yg online.

  45. Kalau mau mengetik tulisan, bisa OFFLINE kok, misal pakai notepad atau bahkan MS Word, nanti tinggal copy paste ke postingan di wordpress. Tapi biasanya saya sih langsung saja, karena sudah langganan matirix broadband 3G unlimited, jadi tidak mempengaruhi tagihan.

  46. Salam kenal,,,
    saya newentry didunia maya ini,,
    mau tanya, kalo merapikan tulisannya memakai operamini gimana tu?

  47. slm knl mas hadiyanta,sy aris, tulisan mas sgt brmanfaat buat kami para pemula,kl blh sy mau nanya,sy ini ngenet pk hp LG KG195+OPeramini3.2,tp g bisa posting,apa pnyebabnya?Tp kalau komentar disini bisa.Kalo sy ingin belajar blog buku apa yg harus sy beli,maaf mas sy bnr2 msh nol sy g th cara melihat isi blog sy sendiri bgmn y?Sy bnr2 gaptek.Tp sy ada keinginan utk belajar.Tlng bls mas.Sblmny byk2 trm ksh.slm knl juga bt smuanya.Blh dong bagi2 ilmunya.(email:ndasbleg@yahoo.com/Blog:blezger.wordpress.com)

  48. Opera mini sudah ada yang 4.2 mas, coba saja. Mungkin HP nya mas. Cari di Gramedia banyak kok mas bukunya, atau cari-cari tip triknya di google.

  49. Wah wah sip banget blognya . . . , saya mau belajar deh . . . makasih mas

  50. Mas hadi, sy sdh pny blog di wordpress.com berkat mas hadi dan sekalian sy blogroll, maaf izinnya belakangan mas. Mohon pencerahannya mas ttg blog berbayar dan sponsor? thanks a lot mas

  51. Mas hadi, sy sdh pny blog di wordpress.com berkat mas hadi dan sekalian sy blogroll, maaf izinnya belakangan mas. Mohon pencerahannya mas, gmn caranya agar blog sy terlihat oleh google? thanks a lot mas

  52. @ dapeking
    Selamat ya mas sudah bisa ngeblog. Soal blog berbayar dan sponsor, saya sendiri memang enggan mempelajarinya, karena saya ngeblog seperti ini sudah bahagia, bisa berekspresi dan berbagi, jadi sementara ini memang tidak ingin ribet dengan yang berbayar juga dengan sponsor.
    Dengan wordpress gratisan seperti ini, sudah mencukupi bagi saya.

    Tapi sedikit penjelasan bahwa untuk memasang sponsor, sepertinya memang harus pakai yang berbayar, dan harus didaftarkan ke google adsense, intinya makin banyak yang berkunjung dan mengklik iklan yang ada dalam blok anda, maka akan ada hitungan pemasukan yang ditentukan oleh google sebagai pemasang iklan.

    maaf jika kurang lengkap jawabnya.

    untuk mendaftarkan blog, coba masuk ke
    http://www.google.com/addurl
    lalu ikuti saja perintahnya.

  53. Makasih atas pencerahannya mas, oh iya… setelah sering2 lihat blognya mas, tampilannya bagus banget, jgn liat blog saya ya mas, msh hancur gak karu2an, seperti katanya mas Hadi : yg penting nyoba – nyoba saja terus… ok deh mas c.u

  54. Lm kenal mas, boleh nanya2 dikit ga? Saya udc punya blog di wordpress tapi saya bingung nulis nya di mana? Karena di hp saya kan pake bahasa indonesia jd untuk menulisnya hrus gimana?terus hbis kita nulis kita mau tampilinnya gimana ya? Ma,f munkin saya tidak phm soal ini karena bru aja buat. Tolong kirim jawabannya ke amb4r12@yahoo.com atau amb4rr12@gmail.com
    thanks ya mas buat jawabannya.

  55. @ amb412
    silahkan cek email anda, barusan tak jawab

  56. Infonya lumayan mas sayang aku
    gak bisa

  57. wah keren buangetz…oh y slam knal mas…ne blog mang paling yahud…pa lg postingannya…mo nyoba browsing ahhhh…

  58. @ Regi
    Salam kenal Regi, senang jika bermanfaat.

    @ Darlian
    Gak bisa apa……..?

  59. Lam kenal trims infonya saya akan mencoba opm 4.2 pake hp Nokia 3110c dan kartu m3 tolong sekalian detailnya donk.

  60. @ Darlim Kapuk
    Salam kenal juga, prinsipnya settingkan saja hp anda ke INDOSAT, karena anda make IM3, setelah setingan GPRS dengan IM3 bisa dipakai, tinggal download OperaMini via HP, via komputer juga bisa. Selamat mencoba.

  61. Salam kenal,
    Aku udah coba bikin blog pake hape k800i n om4.2,tapi ko masih ga bisa upload photo.Mas bisa tolong kasih tahu ga?
    Makasih…

  62. Kayaknya kalau upload foto memang belum bisa, mungkin harus pakai PDA, atau blackberry baru bisa.

  63. gue udah setting gprs tp prngtan brlangganan ke pkt dta gmna tuch…………..?

  64. Lm knl..mas, maklum msh bru jdi liat2 aj dlu..nti lo dh ngrti bru ta cba..trimz infox

  65. @ ratasoe
    segera coba saja, selamat ber WP ria

  66. keren jg tu mas hadi… tapi zuzur ane belum pernah nyoba nulis blog langsung dari hape…kecuali buat ngasih komen aja
    oya mas kalo meng upload gambar lama g? truz apa kita bisa ngatur letaknya keposisi yang kita inginkan kek d PC desktop…
    ane px nokia n70 n udah di instal operamini 4.2

  67. Mas aku mau nanya blog yang ini apa di bikin dengan operamini atau pc?soalnya aku juga da bikin blog di wordpress dgn hp.tanpilanya kocar-kacir mas silahkan di periksa di http://www.anaklamangiso.co.cc dan kasih komentar yang membangun.

  68. Lg coba nh

  69. @ Jumakhoe
    Blog ini awal mulanya saya buat dan daftar pertama kalinya memang dengan operamini via HP, tapi selanjutnya lewat laptop.

    @ Naga
    Semoga sukses.

    Operamini hanya untuk darurat saja, kalau untuk posting kayaknya terlalu minim. Jika untuk sekedar baca blog dan kasih komentar, operamini sudah mumpuni.

  70. Lam kenal mas.. Ni gw ada dikit tips buat yg mau nambah gambar di artikel lewat hp.
    Caranya : upload dlu gambar yg mau ditambah di artikel ke phobucket, trus salin kode htmlnya, n paste ke artikel yang mau dia buat..
    Klo mau lebih jelas mampir aja di blog gw
    http://trik4ngeblog.Blogspot.Com

  71. salam kenal mas,,,,,
    saya mo ikutan bertanya dunk,,,,saya pengguna baru hp Nokia 6300,saya mencoba ngenet acebook memakai opera mini, tampilan sudah ok,bisa meluncur di dunia per facebookan tapi kendalanya kenapa saya gak bisa nulis status atau didinding facebook ya???padahal pulsa sdh berkurang,,,,,,kenapa ya mas,tolong dibantu ya mas, thanks b4 yach

  72. @ ELA Silahkah pakai UCWEB mirip operamini. bisa donlot di http://www.ucweb.com, enak banget untuk update status. Saya pake keduanya, kadang operamini, kadang UCWEB, kalo mau facebookan ya pakai UCWEB.

  73. Hikz tlg q, hp q gak bsa suport untk nulis blog q dah pake opera 4.2. Dah pake opmin modif gak mau login. Dah pake ucweb susah konect. Ada yg tau app web lain gak?

  74. Lam kenal, sip artikelnya.

    eh udah nyobain opera mini 5 beta belum. mantab lo. cek review terbarunya di blog saya

  75. […] oleh seorang blogger. Percaya atau tidak, saya membuat blog saya ini awalnya hanya memakai HP SEK750i melalui operamini. Dan jika terpaksanya anda mau posting via HP dan operamini pun bisa dilakukan, meskipun mungkin […]

  76. nice share bro! skarang opera udah keluarin versi baru opera mini 5 , bisa multitab

  77. kalo mau menghias blog gimana mas?saya udah bikin blog banyak tapi tampilanya itu2 aja ga ada background,pagerank,frame,dll lama2 males.

  78. HCG Levels in Early Pregnancy Thanks for writing this, it was very handy and helped me quite a bit…

    Thanks for writing this, it was very handy and helped me quite a bit…

  79. Anda membuat beberapa poin yang baik di sana. Saya melakukan pencarian pada topik dan menemukan kebanyakan orang akan setuju.

  80. Mas ,ini selalu online apa ngga

  81. Untuk nulis blog lewat hp, apa juga bisa dengan blog dari blogspot?

  82. Wonderful posting thanks a lot

  83. rada harus sabar sih ya kalo misalkan internetnya pake gprs hahaha

  84. owh bgt y

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: