Memandang kota Jogja dari Hargodumilah atau BUKIT BINTANG

Anda bisa nyantai di warung ini

Anda bisa nyantai di warung ini

Hargodumilah view

Jangan bayangkan Hargodumilah itu sebuah puncak gunung yang tinggi, karena Hargodumilah hanyalah bukit kecil di sebelah kanan jalan Jogja-Wonosari, jika kita melaju dari arah Jogja mau ke Wonosari, GunungKidul. Tetapi justru inilah kelebihan Hargodulmilah.

Tempat pemberhentian di Hargodumilah

Tempat pemberhentian di Hargodumilah

Jika akan “naik” ke Kabupaten Gunung Kidul, mungkin mau ke Wonosari, Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Krakal, atau mau menikmati wisata kuliner SEGO ABANG SAYUR LOMBOK IJO di Karangmojo (saya ceritakan tentang hal ini di tulisan yang lain), maka jalanan naik menanjak berkelok yang sesungguhnya adalah mulai dari Pertigaan Piyungan sampai di Depan Polsek Patuk yang lama dekat Radio GCD, Adrenalin akan terpacu jika melewati jalan ini, tetapi bagi yang belum hapal jalan ini harus ektra hati-hati, dan tidak boleh sembarangan mendahului kendaraan yang didepannya, dan yang lebih penting untuk para pengendar motor, wajib menyalakan lampu utama. Letak Hargodumilah kurang lebih 700 meter sebelum Radio GCD, tepatnya sebelum Tugu Perbatasan antara Bantul dan GunungKidul, jadi Hargodumilah ini masih di wilayah Kabupaten Bantul. Semoga saya tidak salah.

Sore yang ramai

Sore yang ramai

Hati hati jurang sedalam10 meteran lhoh

Hati hati jurang sedalam10 meteran lhoh

Akhir 2001 ketika saya mulai rutin melewatinya, bagian utama dari dataran bukit Hargodumilah ini sudah berupa reruntuhan seperti bekas rumah atau mungkin pendopo. Dahulu tahun akhir 2001, selepas maghrib saja ngeri kalau lewat, tetapi mulai sekitar tahun 2006 seiring dengan makin banyaknya orang yang punya motor di Jogja, maka jalanan Jogja Wonosari pun semakin ramai dan aman, sehingga Hargodumilah pun semakin ramai disinggahi para pengendar motor atau mobil.

Hargodumilah tgl 08/03/2006

Hargodumilah tgl 08/03/2006

Sewaktu gempa dahyat mengguncang jogja dulu, jalan raya Jogja-Wonosari di dekat Hargodumilah ini retak melintang memotong jalan raya, tetapi terus di perbaiki, dan kemarin di akhir 2007 malah jalan diperlebar dengan mengepras tanah di lereng bukit, lalu dibuatkan pagar bumi setinggi sepuluhan meter dan sepanjang bukit Hargodumilah, jalan yang diperlebar sekitar 5 meter juga di cor, jadilah sekarang Hargodumilah benar-benar nyaman untuk disinggahi, karena baik parkir motor atau mobil bisa terakomodir dengan baik dan mudah sekali.

Hargodumilah tugu batas kabupaten

Hargodumilah tugu batas kabupaten

Bisa dipastikan tiap sore hari menjelang magrib, banyak sekali orang yang menikmati pemandangan dari Hargodumilah, dari atas sini bisa dilihat bangunan-bangunan tinggi di Kota Jogja, jika beruntung cuaca sedang cerah, maka bisa terlihat bangunan Monumen Jogja Kembali yang seperti tumpeng, juga terlihat jelas lalu lintas sepanjang jalan jogja wonosari. Lebih jauh ke utara, bisa dilihat Gunung Merapi yang megah. Lebih ramai lagi jika malam minggu, banyak rombongan muda mudi yang mampir di Hargodumilah ini. Menikmati tenggelamnya matahari di hargodumilah, juga merupakan pemandangan yang sungguh sayang jika dilewatkan.

nampang di hargodumilah

nampang di hargodumilah

Dimana ada keramain, disitu akan tumbuh geliat ekonomi, begitu pula Hargodumilah, disekeliling bukit sudah berdiri warung-warung aneka macam, yang menambah semarak dan hidup Hargodumilah sampai malam. Tetapi saya tidak tahu status tanah Hargodumilah, status warung-warung yang berdiri disekelilingnya, apakah legal atau tidak. Pernah dengar bahwa kepemilikan Hargodumilah ini di bawah Kraton Ngayojokarto Hadiningrat.

Jadi jika sekali waktu anda naik ke GunungKidul, sempatkanlah mampir di Hargodumilah.

Asyik juga ngenet di Hargodumilah

Asyik juga ngenet di Hargodumilah

33 Responses

  1. Kirain ada fotonya mas…. Upload dong 🙂

  2. @ si_gaptek
    Maaf lho mas, kemarin memang saat nulis tentang Hargodumilah ini, masih pemula banget dalam nulis blog, dan belum langganan GPRS dengan kuota 250MB per bulan, jadi enggak berani upload foto, takut pulsanya kesedot.
    Tapi sekarang sudah saya up load, meskipun kurang bagus, karena cuma saya ambil dengan kamera HP Siemens C75 yang masih VGA.
    Kapan-kapan saya upload yang lebih sip.

  3. Makasih upload fotonya, salam buat teman2 TX gunung kidul.

  4. hoho. .kmaren fieldtrip ke wonosari juga mampir ke sini bang. . . . .ngambil banyak foto jg. .btw salam kenal yiaaa

  5. @ kriwil
    Lam kenal juga, asyik kan mas pemandangannya.

  6. Yth. Mas Hadiyanta

    Salam kenal mas, saya asli playen dan sudah lama di jkt. Saya ada kenangan di Hargodumilah ini waktu beli pindang burung dara wah enak banget, tp bangunannya masih jadul banget belum direnovasi seperti sekarang ini. Foto-foto seperti ini sangat berguna untuk promosi secara tdk langsung kpd dunia luar untuk lebih mengenal gunung kidul. Seperti pantai-pantai selatan kab. gunung kidul lainnya saya sudah lihat di media seperti ini.

    Selamat berkarya

  7. Salam kenal juga mas Sugiyanto, percaya enggak? saat saya nulis balasan ini, saya lagi nyantai di hargodumilah, mau ngantor tapi masih nanti jam 18:00, jadi mampir hargo dulu, dan iseng-iseng potret sana-sini lagi, trus sekarang buka blog saya ini, eh pas mas Sugiyanto bertamu di blog saya.

    Tiap sore hari selapas asyar asalkan tidak hujan, hargodumilah selalu ramai, sekarang saja banyak pasangan muda-mudi yang mampir di hargo, hampir penuh nih tempatnya.

  8. emang wonosari indah banget….aq yo asli wonosari. salam kenal ya…hargodumilah t4 asyik buat nongkrong. tapi aq baru tahu kalo disitu bisa ngenet. bener ?? aq soale jarang pulang wno. mksh atas infony, entar aq cobain deh. C..U

  9. @ yuli
    Salam kenal juga. Bisa kok ngenet, asal bawa laptop dan modem 3G sendiri.

  10. wonosariny mana ?? aq dkt2 terminal situ. kalo ada info2 ttg wno bagi2 y, almt emailny dimana, aq seneng bagi2 info n pengalaman apalagi sm2 dr wno

  11. he….he….tolong hargodumilah dijaga dari sampah and jgn di jadikan tpt mesum

  12. @ waskita
    lhah kayaknya sekarang memang menuju ke arah itu mas. Sudah resiko, banyak orang, banyak sampah, bahkan orangnya juga jadi sampah, sampah kemesuman.

  13. Iyo sieh tp apa slhnya klu diksh pa2 pengumuman, jgn yg ada cma marka jln. Jdkan tmpt itu patut kta jga…

  14. salam kenal.
    mas hadiyanta alamatnya mana?aku jg orang wnsari tp dah lm tggl di pwkerto

    • saya di sleman, jika mas julek pas pulang kampung lewat jalan wates, maka setelah nyabrang Kali Progo, dan sampai perempatan Sedayu tinggal belok kiri, kira-kira 3 kilometer, maka akan nyampe rumah saya.

  15. Saya inget banget ini jalan . . . kelukannya yahudd..nggak langsung peke persiapan..langsung nukik ke atas…gaharrrr

  16. @ Taufik
    Saya dulu selama hampir 2 tahun menaklukkannya pakai honda C70 lho mas.

  17. wis mantap tenan track jlne mas, mbahku wong playen wonosari, tapi aku blom pernah kesitu, kapan2 tak lewat situ waelah, salam kenal mas.

  18. @ elsabarto
    kalo ke playen tidak lewat Hargodumilah, berarti Njenengan rumahnya wetan playen. Atau naik pesawat turun di lapangan udara Gading.

  19. Asalamualaikum,,kang Hadiyanto
    Aku Priyanto asli wnsr
    Salam tiwul dari keluarga Gunung kidul di jkt,,

    Pancen Hargo indah temenan saya dari dulu kalo pulang dr jgja selalu mampir disitu,,,

  20. Hargodumilah……., salah satu tempat sing ngangeni di Gunungkidul.

    Mas, saya lagi coba membangun web wisata gunungkidul, boleh gak klo tulisan mas ini saya jadiin referensi, termasuk ngambil fotonya…???

    Klo gak boleh gak pa2…., mungkin saya harus nunggu PULKAM dulu tuk ngambil gambarnya sendiri,… salam kenal..:D

  21. trima kasih mas aku jd ingat jogja kembali. aku cah jogja,cuman dah lama gak pulang kampung.ya biasa lah tuntutan hidup

  22. salam kenal mas.. kapan2 kita mampir ya.. :mrgreen:

  23. jalanan berkeloknya punya kenikmatan tersendiri..
    hargodumilah versi malem, lebih sedap 🙂

    http://varioputiih.wordpress.com/2011/03/27/ke-bukit-bintang-jogja

  24. apik tenan ig pemandangane 😀

  25. uapik iki 😀

  26. pemandangan yg indah

  27. Kapan yah saya bisa kesana lagi ???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: