Seberapa pentingkah e-mail dan push e-mail bagi anda?

Kantor Post bisa sangat berkurang penghasilannya gara-gara ada e-mail, untuk apa kirim surat lewat post biasa jika lewat e-mail bisa seketika sampai, bahkan bisa juga diiukutsertakan dengan gambar, dokumen, suara dll, sehingga saya yakin sekarang ini e-mail menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan modern. Orang sekarang pasti punya no HP dan punya alamat e-mail. Kalau enggak punya ya JADUL amat (jadi inget pak HENDRA di OKTV).

Teringat pengalaman saat mencari kerja dulu diawal-awal lulus kuliah sekitar tahun 2000, e-mail menjadi begitu penting karena seringkali pemberitahuan diterima atau tidaknya lewat e-mail. Pernah saya mendapat panggilan test via e-mail dari Indosat, saat itu Indosat lagi mau buat IM3, belum nyaplok Satelindo, jadi masih jalan sendiri-sendiri, berhubung saya ngecek e-mailnya telat dan mepet waktunya, maka hilanglah kesempatan saya ikut test IM3 Indosat di Jakarta. Maklum waktu itu warnet masih jarang, kalaupun ada harus ke kota jogja, itu makan waktu dan biaya transport juga sewa warnetnya sendiri bisa menghabiskan uang yang lumayan banyak untuk ukuran pengangguran pencari kerja seperti saya waktu itu.

Sekarang ini hal seperti yang saya alami semoga tidak akan terjadi lagi, terutama bagi pencari kerja yang mengandalkan panggilan melalui e-mail. Terutama yang sudah membaca tulisan saya ini. Solusinya mudah saja, tinggal ngecek email di HP. Caranya anda baca tulisan saya yang berjudul INTERNET MUDAH DAN MURAH DIMANAPUN DAN KAPANPUN….

Untuk tambahan tips agar lebih cepat mengakses email di yahoo via HP, maka pada bookmark di Browser OPERA MINI 4  bisa langsung dituliskan alamatnya sebagai berikut:

1. Klik Bookmarks

2. Klik Manage

3. Klik Add

4. Pada kolom isian Title anda isi Yahoomail (bisa sembarang sih dan gak ngaruh)

5. Pada kolom isian Address isikan persis seperti ini: 

https://login.yahoo.com/config/login_verify2?&.scr=ym

6. Klik Save.

Maka di lain waktu jika anda mau membuka e-mail di hp via operamini 4, anda tinggal buka Bookmarks lalu klik Yahoomail (ini adalah Tittle yang terlihat saat anda mengisi seperti langkah no 4).

Apa keuntungan dari hal ini? Yaitu anda akan langsung menuju ke tampilan pengisian username dan password yahoomail anda, berarti tanpa harus melalui tampilan yahoo standard sehingga mengirit data, berarti mengirit uang.

Anda bisa mengecek email secara berkala misal 3 jam sekali atau sehari 2 kali, atau setiap saat anda sempat dan punya waktu luang, itu terserah anda, yang jelas dengan browser opera mini 4 anda bisa membaca e-mail di HP seperti anda membacanya di komputer. Tetapi untuk membalas e-mail via HP ada keterbatasannya, kalau anda coba praktekkan pasti anda akan mengerti keterbatasannya.

Point terpentingnya adalah anda enggak perlu ke warnet hanya untuk mengecek email, sehingga hemat waktu dan uang ataupun anda enggak perlu langganan PUSH EMAIL (email yang datang langsung real time seperti SMS, sehingga e-mail langsung muncul di layar HP anda tanpa anda mengeceknya). Cukuplah anda rajin-rajin saja ngecek email anda via HP dengan browser opera mini 4. Biayanya juga tidaklah mahal. Jika fasilitas IMAGE pada browser operamini 4 dinonaktifkan,  sekali ngecek e-mail sampai bisa lihat INBOX sekitar 20kB (maaf agak lupa, kapan-kapan saya cek perhitungannya secara lebih cermat, atau anda cek dan catat sendiri saat membuka email via HP anda), tinggal kalikan saja dengan biaya GPRS dari operator yang anda pakai, misal pakai IM3 berarti cuma habis Rp.20,- karena IM3 hanya Rp. 1/kB, murah kan. Jika memang memerlukan membalas email secara panjang lebar dan lengkap dengan attachment macam-macam, baru anda hubungkan komputer anda ke internet, atau baru sewa warnet.

Jika anda sudah membaca tulisan ini, cobalah anda kirim email kepada saya via HP anda, alamat email saya bisa anda klik dan lihat di CONTACT ME.

Selamat ber e-mail ria.

No Responses Yet

  1. Seberapa pentingkah e-mail dan push e-mail bagi anda? hadiyanta.com (blogger, biker, father, engineer) I was suggested this web site by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my difficulty. You’re amazing! Thanks! your article about Seberapa pentingkah e-mail dan push e-mail bagi anda? hadiyanta.com (blogger, biker, father, engineer)Best Regards Nick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: