kapan TVRI jogja onair dari Ngoro-Oro?

Hampir dua minggu saya tidak bisa internetan dengan laptop sehingga tidak bisa update blog ini. Saya mulai dari TVRI jogja yang sekarang sudah selesai memasang panel antena, antena TVRI sepertinya didesain dengan sangat baik perarahannya, untuk arah wilayah solo saya lihat ada 8 panel antena, untuk wilayah Jogja dan Gunungkidul, masing-masing 6 panel, dan untuk wilayah arah Bantul ada 4 panel, sehingga total 24 panel, kenapa beda-beda? karena untuk wilayah arah solo daerah cakupannya lebih luas dan solo juga kota bisnis, sehingga dimaksudkan agar kualitas audio dan video tetap bagus, begitu juga dengan arah lain yang berbeda jumlah panelnya karena juga pertimbangan luas area yang dicover dan juga dari segi ekonomi/bisnis. Sebenarnya bisa saja dibuat sama merata kesemua arah (omni-direction), yaitu masing-masing 6 panel tiap arah.

panel antena sudah terpasang (tower yang kanan)

panel antena sudah terpasang (tower yang kanan)

Yang saya dengar, saat ini TVRI baru installasi mesin pemancar, dan jika tidak meleset dugaan saya, pastinya tanggal 17 Agustus 2009 harusnya sudah bisa ONAIR, karena sesungguhnya TVRI jogja itu ulang tahunnya adalah tanggal 17 Agustus, sedangkan TVRI nasional adalah 24 Agustus, kok beda ya, saya sendiri belum mencari tahu alasannya.

Jadi kita tunggu saja akankah TVRI jogja bisa siaran perdana dari stasiun pemancar barunya di Ngoro-Oro, patuk, Gunungkidul tanggal 17 Agustus atau mundur dari tanggal tersebut.

No Responses Yet

  1. Tanggal 16 Agustus, checking dan test sistem peralatan transmisi sudah selesai. Tetapi pada saat akhir sebelum disambung ke antena, dari pengecekan VSWR antena ternyata antenanya tidak terhubung dengan baik sehingga perlu dilakukan pengecekan distributor antena. Pekerjaan di ketinggian tersebut dilakukan oleh 2 orang teknisi pada tanggal 17 Agustus kemarin. Oleh karena pekerjaan di ketinggian sangat beresiko, maka ada satu bagian dari rangkaian sistem antena (distributor) yang diturunkan untuk diperiksa di bawah. Hari ini bagian tersebut akan dipasang kembali, sehingga diharapkan seluruh sistem selesai hari ini. Jadi jika tidak ada aral melintang lainnya, TVRI Yogya bisa mengudara di kanal 22 UHF dari Pathuk tanggal 18 Agustus 2009, mundur satu hari dari jadwal seperti di tulis dalam blog ini. —-Untuk penulis, Mas Hadi, senang bisa membaca blognya. Saya sendiri sampai sekarang belum sempat nulis. Proficiat,,,,

    • Mas, kenapa di daerahku hanya tvri dan metro tv yang bagus ya, selain tv itu gambarnya bayang semua, bagaimana mengatasinya.

      Sudah saya coba meninggikan antena sampe 16 M dan antena yg berkualitas bagus dan punya gain besar berikut boster jg sudah di setting gainnya dari kecil sampe besar tetap aja masih membayang.

      Untuk penerimaan di wilayah kelurahan segoroyoso semua siaran tv kecuali metro dan tvri gambarnya bayang semua.

      Mohon pencerahannya, terima kasih

      • Segoroyoso itu terminal baru ngidul ya? mungkin kehalang bukit, jadi sudah tidak bisa diapa-apakan, kecuali antena ditinggikan lagi.

      • ngoro-oro: 392m dari permukaan laut
        7°50’12.10″S 110°31’18.20″E
        segoro yoso: 57m dr permukaan laut
        7°52’48.61″S 110°24’48.77″E
        jarak: 14km
        penghalang: tebing sepangjang 6,5km tinggi rata2 300m

        tentu saja karena segoroyoso adalah desa yang berada pada cekungan pegunungan seribu, yang jika ditarik garis lurus dari koordinat pemancar ngoro-oro berjarak sekitar 14km, sinyal akan menabrak dinding bukit sepangjang 6,5km dengan tinggi tebing rata-rata 300m dari permukaan laut, yang berada di arah timur laut desa segoroyoso.
        bahkan meski pakai antena setinggi 40 meter tidak akan menjamin singkron vidio dan audionya.
        solusi pakai antena fokus, spt parabola..

  2. wah ada masalah ya dengan vswr….jadi inget waktu itu di sukabumi..bawa alat ukur ke atas tower (anritsu waktu itu) ngukur di atas, ngecek panel antenna..eh ternyata konektor kemasukan air..(yg instal dulu kurang rapet nutupnya)…semoga sukses tvri jogja!

  3. Sore ini puasa hari pertama dapat kabar di fesbuk bahwa jam 19:00 TVRI telah melakukan siaran percobaan di kanal 22 UHF dengan transmisinya yang baru di Ngoro-Oro, Patuk, GunungKidul. Dan benar saja setelah saya cek memang sedang siaran percobaan dengan color bar dan tone.

  4. saya mencari tvri jogja yang kanal 22 uhf kok siaran nya cuma 2 jam padal yang 8 vhf siarannya sampai 5 jam apa antena pemancar 22 uhf belum sempurna

  5. tvri jogja udah bisa diterima di solo dengan cerah and jernih buanget mas……

Leave a Reply

%d bloggers like this: