mengantuk setelah sahur puasa ramadhan

Ini adalah pengalaman pribadi saya saat menjalankan ibadah puasa ramadhan, yaitu saya selalu merasa mengantuk setelah subuh, bahkan saat sahurpun kadang sudah mengantuk. Memang setelah saya runut, kegiatan rutin saya adalah, ikut sholat tarawih yang biasanya selesai jam 20:30, setelah itu ikut tadarusan Al Qur’an yang biasanya juga selesai antara jam 21:30 sampai jam 22:00, setelah itu biasanya disambung dengan sejenak bincang sana-sini di masjid sampai jam 23:00, nah sampai di rumah kadang masih melek untuk sekedar nonton TV, saat itu belum ada demam FB, jadi puasa Ramadhan besok adalah Ramadhan pertama dengan demam Fesbuk (yang rasanya deman saya sudah cenderung menurun, Alhamdulillah).

Jadi apa penyebab usai sholat subuh menjadi mengantuk, setelah saya pikir-pikir, maka sebabnya adalah;

Pertama, saya tidur terlalu larut malam, bahkan kadang lewat tengah malam baru bisa tidur.

Kedua, saat sahur terlalu banyak makan, karena saat itu dalam pikiran saya harus banyak makan sahur agar ada banyak cadangan makanan untuk dicerna sepanjang puasa besok hari. Perut kenyang otomatis mata menjadi ngantuk.

Alhamdulillah, akhir-akhir ini saya mencoba mempraktekkan tidur sedini mungkin, paling larut jam 22:00, sehingga kisaran jam 03:00 bisa bangun untuk sholat malam, terus saya lanjutkan sahur puasa daud hanya dengan sedikit makanan, biasanya dua potong roti, dan segelas susu sashet yang harganya seribuan itu. Saya tidak tidur lagi sampai siang, dan nyatanya mata tidak mengantuk, bahkan badan juga segar.

Jadi jika pengalaman ini bisa diterapkan saat puasa Ramadhan, kemungkinan Ramadhan saat ini akan beda dengan ramadhan saya sebelumya. Sebenarnya kendala saya adalah, tidak adanya sholat tarawih di kisaran jam 03:00 di masjid saya, karena memang adat kebiasaan di masjid saya adalah Jamaah Sholat Isya’ dilanjutkan Sholat Tarawih, lalu Tadarus Al Qur’an. Sebagai solusi, mungkin setelah tadarus, langsung pulang tidur, sehingga kisaran jam 03:30 bisa bangun untuk sahur dengan badan yang segar, lalu sahur jangan berlebihan, jangan kenyang atau bahkan kekenyangan. dilanjutkan mandi sebelum shubuhan, pasti badan segar dan sehat, tidak kantuk lagi. Semoga.

No Responses Yet

  1. Terima kasih telah membagi pengalaman pribadi anda.

  2. Mudah2an bermanfaat.

Leave a Reply

%d bloggers like this: