Ubah DNS pada Modem Sierra 885 dan Telkomselflash

Hari rabu 14 Oktober jam 20:30 seperti biasa saya buka si BYON terus tencepin Modem Sierra 885 Compas yang saya isi dengan kartu telkomselflash. Tapi entah kenapa tidak bisa dipakai untuk browsing meskipun statusnya CONNECT dan sinyalnya sangat bagus, karena BTS telkomsel relatif dekat dari rumah saya, meskipun baru EDGE, belum 3G atau 3.5G.

masukkan PIN dahulu, 4 digit angka.

masukkan PIN dahulu, 4 digit angka.

OK saya pikir BTS di dekat rumah saya terlalu full, karena banyak yang memakai internet, mungkin ini akibat boomingnya HP blackberry-blackberrynan dan juga contekan model Nokia serie E yang dikeluarkan para produsen HP china dengan harga 1 jutaan yang memang didesain untuk fesbukan, sehingga sekarang banyak yang online via HP yang membuat internet telkomsel lelet. Begitulah diagnosa pertama saya.

Selanjutnya hari Kamis sore, saya mau cek di kota, yaitu di ELTI Sabirin Kotabaru, wow ternyata di ELTI Sabirin Kotabaru, modem+kartu telkomselflash saya juga tidak mau bekerja. Diagnosa saya berlanjut, mungkin modemnya yang rusak, karena saat kartu telkomselflash saya pasang di HP, ternyata bisa digunakan untuk operamini.

Jumat pagi di kantor saya terpaksa croscek modem saya, kali ini saya masukkan kartu Indosat Matrix saya, wow ternyata modem dan kartu matrix bisa dipakai untuk internetan di BYON. Nah berarti modemnya tidak masalah. Sampai di titik ini membuat saya berpikir keras, sempat curiga jangan-jangan setingan DNS dan IP nya berubah, tapi buru-buru saya sanggah sendiri, karena saya tidak mengutak utiknya.

Hari Sabtu 17 Oktober 2009 akhirnya saya nyerah, hari ini saya mau ke Toko yang jual modem, lalu ke Telkomsel jika nanti tidak berhasil juga. Jadilah saya kisaran jam 13:45 sampai di toko modemjogja. Baru bilang kalau modem error, mereka langsung tanggap. Ternyata masalahnya adalah telkomsel mengganti server sehingga DNS nya berubah, begitu kira-kira. Langsung saya keluarkan si Byon Chameleon yang imut, Sierra 885 di tencepin ke USB, nah tinggal ubah setting Primary DNS dan Secondary DNS menjadi 0.0.0.0 yang semula kayaknya 152.152.0.152 atau apa, saya agak lupa. jadi modem Sierra ini memang settingannya manual. Dan jangan lupa juga dirubah pada AUTHENTICATION yang awalnya diseting PAP lalu dirubah menjadi CHAP. Terus terang saya kurang tahu ini fungsinya apa.

Klik OPTION gambar tool, sebelah kiri gambar TANDA TANYA.

Klik OPTION gambar tool, sebelah kiri gambar TANDA TANYA.

Demikianlah, semoga yang mempunyai modem Sierra 885 compas dan memakai kartu Telkomselflash yang mempunyai kasus tidak bisa dipakai internetan meskipun kondisi Connect, bisa merubah parameter-parameter seperti diatas.

Ubah DNS nya jadi 0.0.0.0

Ubah DNS nya jadi 0.0.0.0

Dan maaf untuk telkomselflash yang saya sempat berburuk sangka, karena saya pikir jaringan internetnya down. Tetapi masukan pula untutk telkomsel bahwa ada kasus-kasus modem yang seperti ini, yang harus diganti DNSnya secara manual saat servernya berubah.

ubah dari PAP ke CHAP

ubah dari PAP ke CHAP

Semoga bermanfaat.

No Responses Yet

  1. saya juga punya modem sierra yang bentuknya siku itu..
    pake IM2, error terus..apa modemnya rusak ya?

    • yang besar ada baterainya mas? Coba di cros cek pakai kartu lain dulu mas, kalau bisa berarti settingan modemnya mungkin perlu dirubah, kalau pakai kartu lain juga tidak bisa, mungkin modemnya yang error. Langkah terbaik adalah bawa ke tokonya dulu, biasanya mereka sudah pengalaman dengan kasus2 error pada modem yang mereka jual.

  2. mas, kalo mau ngopi gambar dari halaman computer kaya diatas, emang caranya gimana.

    • Kalo dilaptopku tinggak pencet bersamaan Fn dan Prt Sc, atau kalau di keyboard biasa kayaknya control+alt+printscren.
      Terus buka PAINT lalu di PASTE, lalu save as pakai JPEG formatnya.

      kalu mau crop buka gambar yang sudah di save tadi pakai MICROSOFT OFFICE PICTURE MANAGER, carane gambar di klik kanan, lalu pilih OPEN WITH. nah tinggal pilih tuh MOPM.

  3. selamat y mas… berbakat jd analis elektronik

  4. He..he..he.. Di gw dari sono udah kesetting gitu bro.. :).
    Koq Gw liat 885 mas hadi gak aktif Voice ama GPSnya yah???

  5. hatur nuhun mas….modem punya ku juga kasusnya sama…berkat petunjuk disini jadi bisa internetan lagi…

    kalo kaskus dah ta kasi cendol…he he he he..

    • maturnuwun cendolnya, ini sudah tak campur untuk bikin es :), tapi kalau nanti gak bisa lagi, ubah lagi ke setingan awal mas. Caranya delete saja profile yang sudah dirubah, nanti kayaknya otomatis profile telkomselflash yang baru akan muncul.

  6. Wahh…aku jadi bingung..

  7. Bro…thanks banget dech atas info yang bermanfaat buat aku. tepatnya malam ini pukul 23:06 baru bisa internetan di rumah baru dan selama 1 minggu bingung cari info ini. Sekali lagi thanks

    Best Regards
    -Yudha-

    • sama sama bro, kadang kalo troble, dibalikin lagi ke setingan awal. coba lihat di koment2 diatas. Kadang perlu juga di Networknya pakai 2G ALL atau 3G ALL, atau AUTOMATIC.

  8. Salam kenal.
    Trims sekali atas tutorialnya sob. Kunjung balik ya. Tks.

Leave a Reply

%d bloggers like this: