Tradisional kuliner Sengek benguk & Geblek

Kenal geblek dan benguk dulu saat sering meguru di pondok pesantren Al Islami Kalibawang Kulonprogo, sering pulang pagi dari pondok, dan mendapatkan simbok-simbok bakul geblek dan sengek benguk, ya sudah embat deh, memang mak nyoooos rasane khas, gigitane alot-alot kepiye ngono.

Jualan di pos ronda Dusun Menulis, Sumbersari

Papan namanya ala kadarnya

ini kebetulan dobel di ada 6 lingkaran.

Tempe sengek benguk

duet enak

Trus sudah hampir sebulan ini ada tetangga dusun yang jualan sengek benguk dan geblek tiap sore hari sekitar jam 16 sampai habis. Terbukti dagangannya laris manis, kadang harus antri juga belinya, hal ini membuktikan bahwa banyak juga orang yang rindu pada makanan tradisional ini.

Nah sekalian saja saya tulis disini, siapa tahu banyak pembaca blog yang kangen dan merupakan fans berat dari makanan tradisional berupa tempe sengek dan geblek, jadi monggo saja silahkan kalau mau beli ada di Dusun Menulis, Sumbersari, Moyudan, Sleman.

ini petanya ambil dari googlemaps

Mengenai harga, sangat murah lah, kayaknya seribu dapat 3 geblek, sedangkan satu geblek merupakan rangkaian dari tiga buah lingkaran geblek yang dijadikan satu. Mirip logo olahraga ya kayaknya. Silahkan berburu dan sugeng ngrahapi.

43 Responses

  1. ketoke iki cedhak omahe Yudi Brimob

    • yang mana ya? po sing tumpakkane Megapro kae? cah enom2 wis do ora kenal jenenge.

      • rumahnya yudi kayaknya di sebelah utara persis rumah ini. Kayaknya bangunan cakruknya itu se-pekarangan sama rumahnya dia,..

  2. aku malah wis tau kesasar neng dalan kono kuwi, bingung mbuh ngendi arahe… hehe :mrgreen:

  3. Wah,penasaran sama makanannya.
    Meskipun aku dari jawa,tp bener2 belum pernah makan itu.
    Btw,itu yg bulat2 seperti slondok kah?

    oiya,Nenek ku(alm)berasal dari kedung banteng mas..
    *gak takok!
    (jawab dewe,kesuen) :mrgreen:

  4. Ibuku cilike ng kono mas,
    Trukan,sangubanyu,ngenthak,ponggok,ngasri,klisat,kaliduren,ngaglik,pasar krempyeng ng mengen.
    wkwkwkwk aku diceritani ibuku mas,aku lahir n gede ng purwodadi..dadi gak weruugh :mrgreen:

    • Cobo takon ibukmu, duwe sedulur neng Tiwir ora? Rumah ibukmu sama Masjid Jami Kedungbanteng, ngendine?

    • lha pakdhe ku omahe yo sekitar kono kuwi, wetan ndalan, isih trah seko Seminign, ibukmu wetan dalan po kulon dalan? (halah malah curhat neng blog)

  5. Soko masjid jami ngalor trus enek pertigaan belok ngetan trus ngalor sithik..
    alm Bapake ibuku jenenge mbah bukhari dulure pakde paruki karo pakde ngali..

  6. @nick69 : woalah….. jebule yo mung turunan trah jogja to? 😯
    lihat tuh, panganane yang mirip logo mobil Audi 😆

  7. sing putih bunder kuwi asale saka tela to
    neng Banyumas jenenge GEMBUS……………

    (jangan rancu dengan tempa gembus, soale tempe gembus neng banyumas jenenge DAGE)

    Tempe Benguk……….pernah ngerti jaman neg ndesa….tapi saiki wis punah. Wit benguk-e wis ilang, masalehe kurang bernilai ekonomi

  8. Jebule mas hadi wis masuk indomotoblog! Selamat

  9. wah baru tahu di sleman ada jg yg jual gebleg
    Setahuku cuma di Purworejo ..mulai daerah Bagelen sampai Kutoarjo dan ukurannya lebih besar…susunannya renteng 3…
    cocok sambil nyruput kopi..

  10. Tempe benguk susah nyarinya…
    terakhir makan 15thn yg lalu..masih dibungkus daun jati…
    paling suka kalau di bacem…

  11. yen sengek sing enak pasar sentolo n pasar semampir mas,cuman cilik-cilik…itu 5 tahun yang lalu, ra retri saiki gimana kabar sengek kedua pasar tersebut….

  12. ngiler bos liatnya

  13. KomenQ nyangkut nang ndi yo?

  14. wah kui rasane kepiye mas bro??

  15. lho geblek iku khas kulon progo pak. Jadi e doyan, opo maneh nek taksih anget.. Hmm., nyam nyam.. :mrgreen:

  16. Pas mudik ke purworejo lebaran kemaren, saya dibelikan gebleg sak kresek sama ibu saya.. Di tukang jual gorengan deket rumah.. Dimaem sama cabe rawit trus nyruput teh anget.. Sedaappp tenan.. :mrgreen:

    • weleh sak kresek ckckckckck

    • hahahaha…
      sy lebih parah…
      karena nggak kebagian yg sudah digoreng , sy beli yg masih mentah 1/4 kg ,Rp 3000…beli 1kg
      itu dapatnya di pasar baru Purworejo…pas h+2 lebaran kemarin..smp rumah langsung digoreng..
      asli ..makanan ky gini memang ngangenin…
      Yg belum keturutan SEGO MEGONO…insyaallah lebaran thn depan.

  17. maemanku pas cilik kui :O wkkk

  18. aku wes gede kok om -____- awake tp .wkk

  19. numpang lewat ya. Kalau mau jalan-jalan ke medan, or kalau mau wisata kuliner di medan, jangan lupa mampir di blog indrahalim.com ya… di situs itu lengkap reviewnya tuk resto or kedai yg menyediakan makanan enak di medan.. thx!

  20. […] ringan berupa gorengan terbuat dari tepung singkong. Pertama kali tahu karena baca artikel di Hadiyanta.com. Di sana ada foto Gebleg berbentuk angka 8, saya kira itu makanan sejenis dengan Gembus […]

Leave a Reply to medan kuliner Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: