Lampu HID di pulsar

Hari ini Black Coyote istiharahat dari padang perburuan, dan sejak siang tadi saya ganti BMW (bajaj merah warnanya) :-P. Saya sengaja memakai motor ini untuk melihat dan merasakan langsung sensasi dari beberapa perubahan yang ada di BMW ini. Yang saya bahas pertama kali adalah masalah lampu depannya. Seperti diketahui lampu depan bawaan bajaj pulsar adalah berjenis HALOGEN yaitu 35/35 W-HS1, ini yang tertulis di Spesifikasi teknis pada BUKU PANDUAN PEMILIK BAJAJ, yang disertakan pada Black Coyote saya.

Lalu kenapa pake Lampu HID (High Intensity Discharge)? karena memang lebih terang dan terarah radiasi sinarnya.

Saya tidak akan membahas secara teknis, apa itu lampu halogen, apa itu lampu HID, yang saya bahas adalah lampu HID lebih terang dari lampu Halogen yang asli bawaan pulsar.

image

Pada foto diatas bisa dilihat perbandingan jalan yang diterangi oleh lampu Halogen (paling kiri), lampu Xenon HID (yang tengah), dan HID dari salah satu produk. (paling kanan). Apa bener bisa terang seperti itu? nah maka itulah saya ganti BC saya dengan BMW yang sudah mengadopsi lampu HID.

image

Lampu HID diatas adalah produk dari Provision, kalau tidak salah, di bengkel joker dijual juga, kisaran 1,5jeti harganya. Mahal??? mbuh ah saya sendiri enggak tahu, tapi lampu ini garansi 2 tahun, pokoknya mota mati dalam dua tahun langsung diganti tanpa ba bi bu. Lampu ini sudah dilengkapi dengan ballast dan kabel-kabel untuk instalasi. Memang syarat utamanya adalah, kelistrikan motor harus FULL DC, jantung kelistrikannya adalah dari accu (semoga saya tidak salah).

image

foto diatas adalah foto lampu HID dari dekat, lampunya sih ukuranya sama saja kecil seperti lampu biasa. Yang paling penting adalah peran dari ballast seperti foto dibawah ini, ballast ini berfungsi untuk mensupport bohlam HID agar kinerjanya bisa terjaga.

image

image

image

Foto diatas adalah foto batok pulsar 200 yang sudah dicangkok reflektor dari mobil mercy yang harganya kisaran 4jutaan. wooolaaaaaaaa. Terus pada reflektor ditanam lampu HID, hasilnya seperti tampak pada foto diatas. sedangkan batok pulsar biru di bawah ini adalah batok dan reflektor asli pulsar yang dicangkok bohlam HID, hanya merubah kelistrikan menjadi full DC.

image

Kebetulan saat saya pakai pertama kali untuk naik gunung sore ini, kondisi dari rumah saya hujan lebat, agak reda hujannya setelah sampai di ringroad selatan. Lampu langsung saya nyalakan, kan ada program LIGHT ON :-)). Sampai di Piyungan Bantul dilanjut naik ke Patuk GunungKidul, baru terasa lampunya ngedap-edapi padange, alias terang benderang, dan yang saya suka dari lampu ini karena reflektornya bisa fokus banget kayak lampu senter, kecil dan jelas. Apalagi saat tadi di jalanan Patuk-Nglanggeran yang diwarnai kabut disana-sini, pancaran sianr lampu HID sangat indah, putih, dan jelas sekali menyapu jalanan, bahkan mobil kijang kapsul yang aku salip saja, kalah terang lampunya.

image

 

image

Inilah sajian dari dua lampu mata serigala yang ceil di kanan kiri bagian atas, lalu lampu depan yang sudah diganti reflektor mobil dan ditanam lampu HID, dan yang dua kiri kanan di bawah adalah lampu kabut. Jadi terang benderang tadi jalanan yang saya lalui.

image

image

Lho memang yang punya warung ganti BMW (bajaj merah warnanya) ya? lalu besok Minggu tanggal 28 November 2010 jam 19:00 WIB, syukuran di angkringan koboys??? ah rahasia dong. Lalu BC dikemanain???

No Responses Yet

  1. Mantabs …selamat menikmati teknologi
    yg positif dan membuat berkendara semakin
    aman dan nyaman

    *hati2 bro,nanti kecanduan hid lho

  2. indikasinya sih punya yg komen atas saya ini :mrgreen:

  3. Mantabs …selamat menikmati teknologi yg
    safety

    Hati2 bro,nanti kecanduan sm HID lho

  4. hmm saran saya sih ada kalibrasi seperti pada mobil, entah sudut lampu atau bagaimana, jadi biar tidak bikin silau pengendara lain didepan kita, apa gunanya sih terang benderang tp malah ngeganggu pengendara lain, heheh CMIIW

  5. apik mas, tp high maintenance, nek wis ada masalah, ujung2nya balik ke standart tp klo turah duit yo ndak masalah 😀

  6. wah pak hadi akan MENERANGI gunungkidul rupanya
    🙂

  7. bohlam HID hanya dikhususkan untuk motor/mobil yg reflektor lampunya diperuntukkan untuk lampu HID. reflektor std yang bohlam aslinya bukan HID kalau dipaksakan pakai HID cahayanya akan membikin silau pengendara berlawanan

  8. membahayakan pengendara di depannya nggak mas bro?
    yang bikin garansi tuh pinter lo… emang sih keliatannya awet… pengalaman motherboard temen garansi 1 tahun.. tnyt 1 tahun gak sampe lebih 1 bln koit.. hehe

  9. wah mahal reflektornya ketimbang HID nya, Haduw provision HID sip tuh, kalo reflektor vixy dicangkok apa yah? reflektor standart bisa leleh ya kang?

  10. pik….nan……

  11. manteb mas. . .
    aku juga pengen tapi harus ngerubah semua kelistrikan dan bcu . . .
    jadi tahan dulu dah. . .
    alon-alon asal kelakon. . . .

    keep brotherhood,

    salam,

  12. Barang mahal semuwah,hasile muantaaab mas hadi,ini info sekaligus versi murahnya..cekiprott… http://ajikz.wordpress.com/2010/11/25/my-shogun-kebo-hid-hi-low-projector-installedcekidot/

  13. Wah mantap,
    tapi kl motor yang kelistrikannya AC mst jd DC jadi rada gmn gt :mrgreen:

  14. […] ganti rantaiPrepare kabel kopling vespa untuk pulsarciri-ciri BTS Telkomsel, Indosat, XL, TVLampu HID di pulsarTEST RIDE Bajaj Pulsar 135 LS di Dealer Bajaj Jogja TIPS merefill sendiri tinta katrid HP No 21 pada […]

  15. setuju dengan bro jahe_erka dan bro F4iz, bukan gak setuju dengan para biker maupun driver yang memodif “klangenannya” dengan lampu HID, tetapi kadang pingin gaya malah membahayakan pengendara yang berlawanan arah…..oke pemilik mendapatkan sinar yang terang benderang, tapi pengendara lain dapat getahnya…..kan bisa dibilang egois (hanya masukan aza)…..

  16. yang penting ga ngebahayain orang lain 🙂
    kalo saya sih yang penting cukup, lha yang namanya berlebih-lebihan pasti ada efek negatifnya 😀

  17. udah pake projector ya , penerapan hid yg udah tepat ,
    hid g bikin silau dari arah berlawanan krn dah pake projector

  18. wah keren pake HID.. tapi pulsar ane yg UG3 kelistrikannya tidak mendukung 🙁

  19. brader ane pasang lampu HID tapi sering mati d rileynya knap mas bro tolong penjelasannya…………

  20. Hallo!
    Itu beli lampu nya dimana?
    Saya dari kalimantan,
    Buat kendara,an satriaF bisa gak tuh?
    Mohon di balas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: