CBR250R, Pulsar 220 DTS-i, rukunan test ride di Jogja saja

image

 

 

Heboh soal testride CBR250R dan P220 DTS-i, saya jadi teringat tabloid PULSA yang saya beli kemarin.

Apanya yang berbeda dengan tabloid ini, tabloid ini dalam setiap testride HP yang dilakukannya selalu membeli sendiri HP tersebut. Hebat kan tabloid ini! Dan saya percaya bahwa memang semua HP yang di test benar-benar dibeli sendiri, bukan pinjaman dari Vendor atau ATPM.

Ada baiknya saya tulis saja :

Demi menjaga independensi, ponsel yang diuji PULSA, didapat dengan cara membeli di pasaran, dan BUKAN PINJAMAN vendor / ATPM.


Jadi saat HP sudah diedarkan di pasaran maka tabloid ini baru bisa ngetest, karena harus membeli sendiri HPnya.

Jadi saya hanya berdoa, semoga akan ada sedulur KOBOYS yang besok beli CBR250R dan juga Pulsar 220 DTS-i, lantas nanti ditestride oleh KOBOYS seperti biasanya kita testride, mungkin di angkringan koboys di Terminal Palbapang Bantul. Sambil menikmati aneka wedang panas, nasi kucing dan aneka gorengan. Jadi besok saat nulis di blog bisa ditulis seperti ini

Demi menjaga independensi, motor  yang diuji koboys, didapat dengan cara meminjam diantara para koboys, dan BUKAN PINJAMAN vendor / ATPM.

😀

Inilah enaknya koboys, bisa testride motor aneka jenis dan merek.

* saya pernah ikut testride NMP dari Semarang ke Jogja.

mengenang ayah mertua

image

Foto untuk keperluan daftar Haji 29 Juli 2009

image

Saat menikahkan anak ketiga

Innalillahi wa innaillaihi roji’un. Ayah mertua saya telah berpulang pada hari Senin tanggal 14 Maret 2011 pukul 08:05 di RS PKU Muhammadiyah Jogja dengan lantaran sakit sejak Selasa tanggal 8 Maret 2011. Ayah mertua saya tutup usia di umur 69 tahun.

Ayah mertua saya adalah seorang guru SD dengan pengabdian terakhir sebagai kepala Sekolah di SD Muhammadiyah Wora-Wari di Sentolo, KulonProgo. Ayah mertua juga seorang petani yang ulet dan handal, juga seorang peternak, mulai dari sapi, ayam kampung, ayam petelor, burung puyuh, bebek, kambing, dan Kelinci. Pada mulanya ayah mertua hanyalah petani dengan lahan warisan yang sangat kecil untuk ukuran rata-rata warisan yang umum di dusun kami, tetapi berkat kerja keras dan keuletan maka sedikit demi sedikit bapak mertua bisa menambah jumlah lahan sawahnya.

Ayah mertua adalah seorang yang sangat sederhana, apa adanya dan jujur, terlihat dari rumah yang sederhana, kendaraan hanya motor pada umumnya, meskipun jika menghendaki untuk membeli minimal toyota innova baru pun saya kira ayah mertua bisa, tetapi karena kecintaannya pada pertanian, maka beliau memilih membeli sawah dan tetap memilikinya, dari pada misal menjualnya hanya untuk beli mobil.

image

Persawahan salah satunya milik ayah mertua

image

Hadiyanta.com sedang membantu merontokkan padi

Jika ada orang bertanya pada saya, apakah saya sangat menyayangi ayah mertua saya? maka dengan tegas akan saya jawab YA!, sungguh saya sangat menghormati, menyanyangi dan mencintai beliau. Beliau adalah teladan yang patut saya contoh tingkah laku dan perjuangannya untuk keluarga. Masih teringat bagaimana saya dulu adalah seorang “anak metal” dengan rambut gondrong dan menyukai lagu-lagu yang keras. Sangat wajar bila orang tua melihat saya pertama kalinya akan menvonis saya adalah seorang yang tidak layak dijadikan menantu, tetapi tidak untuk calon ayah mertua saya ini, beliau entah dengan pertimbangan apa, merelakan anak gadisnya saya jadikan istri, dengan kondisi saat pendekatan waktu itu saya masih gondrong, bahkan ketika saya menikah, calon istri saya baru 2 bulan lulus kuliah, sedang kondisi saya sendiri baru punya penghasilan dari usaha rental dan pengetikan komputer yang hasilnya tidaklah seberapa. Disaat kebanyakan orang tua memandang materi dan pekerjaan yang mapan sebagai pertimbangan menerima atau tidak seseorang menjadi mantunya, tetapi ayah mertua saya bisa menerima saya apa adanya. Dan Insya Allah saya telah membuktikan dan bisa membuat ayah mertua bangga atas pilihannya pada saya untuk dijadikan menantu.

image

Calon mantu yang gondrong

image

Doa ayah mertua untuk pernikahan kami. Trimakasih ayah.

Tahun 2006 sebenarnya ayah mertua sudah berniat dan menyediakan uang yang cukup untuk mendaftar haji, tetapi urung karena sesuatu hal yang tidak bisa saya ceritakan disini, yang jelas bukan karena saya dan istri saya. Dan tahun 2008 ayah mertua pernah sakit gejala stroke, sungguh membuat kami semua kuatir. Tetapi alhamdulillah ayah mertua bisa sembuh walaupun kondisinya tidak fit 100% seperti sebelum sakit. Akhirnya dengan desakan saya, ayah mertua bisa mendaftar haji pada tanggal 29 Juli 2009 dan karena antriannya di kabupaten Sleman panjang, maka ayah dan ibu mertua baru bisa berangkat pada tahun 2012. Tetapi umur manusia Allah yang tahu dan menentukan, ayah mertua dipanggil saat ini, sehingga niat berhaji yang berangkatnya di tahun 2012 menjadi tidak terlaksana. Seandainya dulu tahun 2006 tidak ada halangan saat mendaftar haji, kemungkinan tahun 2009 ayah dan ibu mertua saya sudah berangkat haji. Untuk kabupaten Sleman, jika mendaftar tahun 2011 ini, maka berangkatnya adalah tahun 2018.

image

Opname ayah mertua yang pertama di RS PKU, gejala stroke

Ayah mertua adalah seorang yang sederhana dalam makan, sehingga tubuhnya kebanyakan hanya terasupi makanan yang dimasak oleh ibu mertua, jarang sekali ayah mertua jajan di luar, kalaupun misal beli sate atau tongseng kambing, itupun dibawa pulang. kesehatan ayah mertua memang prima karena makanan yang tidak aneh-aneh dan juga karena tubuhnya biasa bekerja disawah sehingga sehat dan kuat. Sakit yang terakhir ini memang agak membingungkan bagi kami, juga bagi dokter yang mendiagnosenya, ada berbagai gejala, mulanya dikira hanya stroke ringan, tetapi pada perkembangannya ada mengarah ke lepstopirosis yang dikarenakan terkena bakteri yang biasanya dibawa oleh kencing tikus, misal kaki yang ada luka sedikit dan berjalan di atas air menggenang yang sudah tercemari kencing tikus, maka bisa tertular bakteri ini. Hanya dua kali ini saja ayah mertua sakit berat diopname di RS, dan untuk sakit yang terakhir ini, saya menungguinya selama tiga malam berturut-turut, malam senin saya tidak bisa menunggu karena harus kerja, dan ketika pagi hari senin 14 Maret 2011 saya bersiap pulang kerja jam 8:15, istri saya menelepon, bahwa ayah mertua sudah tiada. Dengan air mata bercucuran, hati sedih dan pikiran kalut, saya paksakan segera menuju ke RS PKU naik pulsar UG 4 saya, untunglah saya masih belum ketinggalan untuk memandikan jenazah ayah mertua, juga turut mengkafaninya. Setelah itu saya langsung pulang ke rumah mertua. Sedang jenazah mertua dibawa dengan ambulance bersama istri dan ibu mertua serta beberapa saudara.

image

Ayah mertua opname kedua di Ruang Tunggu ICU RS PKU.

image

ICU RS PKU Muhammadiyah Jogja

Ayah mertua dikebumikan jam 16 hari itu juga. Dan saya ikut membawa keranda ayah mertua dari rumah sampai ke liang lahat, dan juga saya masuk ke liang lahat, ini kali pertama saya masuk liang lahat, untuk menerima jenazah ayah mertua dari atas dan kemudian diistirahatkan di kubur.

image

Mensholatkan jenazah ayah mertua

image

suasana di rumah duka

Sorenya atas kecintaan dari tetangga sekitar, mereka mengadakan doa untuk memohonkan ampunan agar arwah ayah mertua diberikan ampunan semua dosa-dosanya, diterima semua amal kebaikannya, dan dilapangkan di alam kubur, diberikan pemandangan syurga di alam kuburnya sampai nanti menunggu hari kiamat untuk berpindah ke alam akherat, semoga ayah mertua diberikan syurga disisi NYA kelak. amin.

image

saudara dan tetangga bersiap mendoakan di hari pertama

image

Shodaqoh jariyah dg niat dari ayah mertua, semoga sampai pahalanya mengalir ke ayah mertua

Akhirnya saya ucapkan terimakasih tidak terhingga kepada ;
1. Bapak Kepala Desa Sumbersari, Moyudan, Sleman, beserta para pamong yang lainnya.
2. Bapak kepala Dusun Ngaglik Sumbersari Moyudan
3. Semua saudara yang tidak bisa saya sebut satu-persatu.
4. Semua tetangga yang tidak bisa saya sebut satu persatu
5. Kepada rekan-rekan kerja istri saya
6. Kepada rekan-rekan kerja saya
7. Kepada KOBOYS semuanya
8. Dan pihak mana saja yang tidak bisa kami sebut satu persatu.

image

menjemur padi di depan rumah

image

Jemuran padi dan tanaman rosela di depan rumah

image

Mengamati tanaman rosela depan rumah yang masih kecil-kecil

image

Sayur bayam pun tumbuh subur di depan rumah

image

Rosela yang tumbuh subur di depan rumah

image

image

Sentral kandang sapi kelompok, ayah mertua juga ikut pelihara

image

Sapi milik ayah mertua

image

bercengkerama dengan cucu-cucunya

image

bersama 4 cucu dari total 5 cucu yang lucu-lucu

image

Pagi pertama di depan rumah tanpa kehadiran ayah mertua

Inilah pagi pertama di depan rumah mertua yang memang sebuah hamparan sawah yang luas, dengan pemandangan gunung Merapi dan Gunung Merbabu jauh di utara, dan pemandangan matahari terbit di bagian timur.

Kearifan lokal : Beli Yamaha Mio pun syukuran dan selamatan

image

Jam 20 tadi satpam pengganti datang untuk dinas malam, dan beliau membawa nasi kenduri, lalu cerita bahwa sebenarnya masih ada satu acara lagi yaitu Syukuran dan selamatan tetangga yang membeli Yamaha Mio.

Agak heran dan kaget juga saya mendengarnya, karena biasanya yang ada acara sukuran dan selamatan itu kalau membeli sapi baru, karena hampir tiap rumah di Patuk Gunungkidul dekat pemancar, para penduduk mesti pada pelihara sapi.

Inilah salah satu kearifan lokal, yang jelas segi positifnya ya bagus lah punya barang baru disyukuri, ngundang tetangga biar ikut seneng, ikut mendokan, tidak membuat iri tetangga.

Kalo kang bonsai beli diavel, baru saya iri 😀

Balik ke syukuran mio, bentuknya adalah membuat SEGOGURIH dan dibagikan ke tetangga.

Oh ya sebagai catatan untuk marketing yamaha dan kompetitornya, entah kenapa, di gunung ini yamaha lebih laku 😀 Mungkin suatu saat saya bikin penelitian untuk hal ini.

 

FUN RACE SUZUKI AXELO di MANDALA KRIDA Jogja

Pada gelaran launching Suzuki Axelo diadakan acara FUN RACE yang bentuknya seperti balapan pasar senggol dengan 6 starter per race. Masing-masing harus melahap 4 kali putaran di parkiran barat stadion Mandala Krida yang disulap jadi sirkuit dadakan.

Saya sampai di Mandala Krida jam 11, hanya ketemu dengan bro Andhi Suranto aka pak guru, yang sedari jam 9 pagi sudah sampai disini. Sebetulnya Eyangrevo dan Herimoko juga hadir, tapi mereka berdua juga sudah pulang duluan ketika saya datang. Postingan eyangrevo bisa anda cari di www.koboys.wordpress.com dengan nama Ali Syahid.

Saat saya beranjak ke sirkuit, datanglah koboys paling junior dari segi umur dan kecilnya badan (lebih gemuk Lilypud) yaitu bro Adhanihoree aka karismanis aka pak carik wates, adine pak lurah wates aka juragan warung DOHC 😀 (mumet sing moco)

Saat ketemu pak guru, saya ditawari tempat dia untuk testride, yaitu pada race ke 15, saya tanya kenapa? dijawabnya karena bentuknya balapan 6 orang sekaligus, wah saya juga minder, dan tidak mau menggantikan pak guru. Sebenarnya tadi saya berniat bawa knee protector, tapi urung. Dan saya lihat wearpack yang mau testride adalah baju dan celana balap, serta sepatu setinggi dibawah dengkul, tanpa knee protector.

Setelah melihat beberapa race, saya makin takut saja untuk daftar FUN RACE, karena kebanyakan ABG, kalau saya ikut nanti saya masuk kategori BTN dong (bocah tua nakal). Saya jadi ingat kisaran tahun 1995nan di tempat ini ada teman saya yang ikutan balapan pasar senggol yang memang ngetrend saat itu, dan yang banyak dipakai adalah Suzuki cristal.

Entah apa yang ada dalam benak marketing Suzuki dengan mengadakan FUNRACE ini, tetapi kalau menurut saya, si axelo ini diposisikan untuk ABG yang gak kuat beli Satria FU, tetapi pingin kencang di jalanan, jujur saja srunthulan banget lah FUN RACE ini. ABG yang normal pastinya motor impiannya adalah Satria FU. Nah apakan axelo ini mampu membuat pasar di celah ini, kita tunggu saja.

Yang lucu dari balapan tadi ada beberapa orang yang salah perhitungan di tikungan kedua, nyungsep deh nabrak pembatas berupa rangkaian ban mobil. Ada pula tadi yang jatuh, dan dibelakangnya KLAKSON, lucu ora wong balapan kok klakson 😀

FUN RACE ini empat putaran dan jika pesertanya genab 6 orang, maka diambil 2 orang tercepat, nanti di adu lagi. Saya enggak tahu hadiahnya apaan.

Jadi koboys yang hadir di acara Suzuki ini adalah saya, Andhi Suranto, Adhanihoree, eyangrevo, dan Herimoko. Hari sabtu ada juga bro Dipo yang malah melakukan FUINRACE, serta bro Yosep. Sedang di Bali ada koboys al4y yang juga hadir yaitu Mercon C.

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

balapan yuk

SHOGUN AXELO 125cc Tunjukin Aksi Lo!

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

monggo disimak.

manajemen menunggu keluarga yang sakit

Sungguh tiap orang tentu tidak ingin sakit, apalagi sampai opname di rumah sakit.

Tetapi ketika hal tersebut menimpa salah satu dari keluarga kita, maka itulah mungkin kecintaan Allah pada si sakit, mungkin berupa nikmat untuk beristirahat, nikmat untuk lebih bersyukur lagi tentang kesehatan ketika nantinya bisa sembuh seperti sedia kala, nikmat akan dekatnya dan pentingnya dukungan keluarga ketika sakit, nikmat bisa melihat kecintaan saudara, teman, sahabat yang meluangkan waktu untuk menjengk, dll.

Intinya setiap sesuatu jika disikapi dengan berprasangka baik kepada Allah, maka akan lebih mudah menjalaninya.

Pengalaman saat ini bahwa ayah mertua sedang sakit, dan harus dirawat di ICU. Semua keluarga sedih apalagi ibu mertua dan istri saya, sayapun sedih, tapi saya tetap rasional, artinya saya berprasangka baik saja kepada Allah, bahwa kami telah berusaha sampai batas yang terbaik untuk perawatan ayah mertua saya, saya harus pandai-panda mengatur jadwal untuk menunggu bapak mertua diantara jam kerja saya, juga saudara-saudara, serta ibu mertua juga tentunya.

Menunggu orang sakit harus rasional, kita sedih itu wajar, tapi kesehatan yang menunggu juga harus dijaga, harus makan dan minum secukupnya, harus pula bisa istirahat tidur secukupnya, makanya saya buat shift dua orang untuk menjaga bapak mertua yang sedang sakit. Dengan dua orang, mak bisa gantian jaga, dan bisa gantian sholat atau makan diluar lingkungan rumah sakit. Sehingga nantinya saat bapak saya sembuh, maka yang menjaga juga tetap sehat dan tidak lantas menjadi sakit karena energi, emosi dan pikiran terforsir penuh untuk menjaga.

Sehat memang kenikmatan tiada tara, sangat berharga melebihi apapun. Marilah kita sedari muda sadar kesehatan, memperhatikan faktor-faktor resiko makanan, minuman yang baik bagi tubuh efeknya, baik sekarang, dan lebih-lebih lagi masa mendatang.

Karena sungguh sakit itu sumbernya dari perut, dari makanan.

Kita bisa saja semaunya saat ini selagi muda, dan nanti tinggal berhitung akibatnya saat usia mulai menua.

Saya ingat wejangan begawan kolor ijo, jangan sampai sekarang kita bekerja terlalu dipaksakan, sehingga nantinya terutama saat usia tua malah sakit yang akhirnya malah tekor waktu, tenaga, pikiran dan tentunya materi.

koran elektronik otomotif itu bernama KOBOYS

Dengan lebih dari 50 blogger otomotif (saya itung-itung ada 60an) yang bergabung dalam keluarga KOBOYS maka sekarang ini para penikmat otomotif bisa mengandalkan www.koboys.wordpress.com sebagai bahan bacaan dimanapun dan kapanpun melalui HP yang jadul sampai HP yang high end, melalui tablet, dan juga laptop.

tampilan koboys

Bila ada rata-rata 10 blogger saja yang update postingan tiap harinya, maka akan ada 10 bacaan baru tiap hari bisa dijumpai di koboys. Kedepan saya bayangkan agregator koboys ini bisa dibuat tampilan sebuah kolom berisi 20 postingan ter-update, yang nongol secara otomatis, sehingga yang paling akhir update akan menempati peringkat pertama. Semoga ahli IT koboys yaitu Mercon C mboh, yang sedang dikuliahkan di AMIKOM oleh ortunya bisa membuat ini menjadi kenyataan 😀

Koboys memang kumpulan dari berbagai macam blogger otomotif, pokoknya yang mau kumpul di koboys akan diterima dengan terbuka dan senang hati, tapi jangan lantas sakit hati jika masing-masing blogger berbeda aliran, berbeda pendapat tentang bagaimana ngeblog, kalau sakit hati dan ingin memaksakan alirannya ke koboys ya akan kecewa sendiri. eh mbok menowo ono 😀

Jadi mari posting tiap hari. Agar penonton tidak kecewa.

wahai biker, turinglah ke rumah sakit!

Sebagai biker, tentunya akan bangga bisa turing kemana-mana, jauh pula, karena terkadang banyak biker yang kesannya sangat membanggakan turingnya sampai pulau A, pulau B dan seterusnya. Saya pernah membaca status Kang Dadang Widhaswara, yang kurang lebih intinya sebagai berikut : Bahwa bukan jauhnya turing yang paling penting, tapi bagaimana kita bisa menikmati tiap jengkal jalan yang kita lewati saat riding, meskipun itu sekadar riding berangkat ke kantor misalnya.

Tapi mungkin banyak yang terlupakan, bahwa sangat penting seorang biker untuk turing ke Rumah Sakit, mungkin mengunjungi teman atau saudara, atau datang berkunjung begitu saja, kan tidak ada yang melarang. Lihalah betapa susahnya saat orang sakit, apalagi saat melihat orang korban kecelakaan yang luka ringan, luka berat, bahkan meninggal.

Saya beberapa kali mengalami kecelakaan sendiri, dan beberapa kali melihat didepan mata proses terjadinya kecelakaan kendaraan, intinya semua itu membuat saya takut ngebut, saya selalu was was sekarang ini dengan banyaknya motor, sehingga makin besar peluang adanya biker alay, biker sruntulan, biker yang main slonong, biker yang keluar gang kampung ke jalan besar tanpa berhenti lihat-lihat dulu, dan lain sebagainya.

Marilah kita syukuri badan kita yang sehat, marilah menjadi biker yang sehat, biker yang santun, menghargai orang lain, sebisa mungkin tertib lalu lintas. Jangan kita menjadi biker yang sembrono dan cenderung turing ke akherat.

Ingat keluarga dirumah menunggu kita selamat sehat walafiat, bukan menunggu jasad kita.

Semoga berguna.

Perlukah wifi di Rumah Sakit?

Dalam dua minggu terakhir ini, saya sudah “menginap” selama 3 malam di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta, yaitu nungguin istri saya yang opname dua malam, dan saat ini nungguin ayah mertua yang sejak 8 Maret 2011 opname pula di RS PKU.

Sebagai blogger, kalonger, fesbuker, koboyer, twitteris, 4squares, dll maka akses internet menjadi begitu penting, dimanapun saya berada, di rumah sakit sekalipun, dan terasa agak susah mengandalkan internet dari jaringan GSM saat di RS, karena gedungnya yang bertingkat-tingkat, akan kentara saat berada di lantai pertama, kadang sinyal selular cenat-cenut.

Iseng saya hidupkan wifi di android samsung galaxy 5 saya, dan memang kadang dapat mendeteksi sinyal wifi, tapi begitu saya connect, tidak bisa. Sinyal wifi ini jelas bukan milik RS karena memang namanya aneh.

Jadi perlukah ada hotspot wifi di RS? menurut saya kok memang perlu, terutama di area kamar kelas I dan VIP, yang saya yakin rata-rata punya HP ber fiwi dan netbook. Bagi penunggu pasien yang sakit, akan terasa lebih ringan menemani si sakit dengan nyambi internetan.

Anda tahu RS mana di Jogja yang sudah ber HOTSPOT? silahkan sharing disini.

Juragan Rondo pengen gabung Koboys????

Saya membaca status Adhanihoree aka karismanis di Grub FB Koboys bahwa mas Tri ngetwit mau gabung di koboys, langsung saya cek dan memang benar adanya, anda pun bisa cek sendiri di @r_triatmono karena twitter kan sifatnya umum bisa dibaca siapapun.

Ini screen shotnya

Koboys pada dasarnya sangat terbuka untuk blogger dan komengtator blog roda dua siapapun, yang blogger bisa masuk ke agregator koboys.wordpress.com, sedang yang komengtator atau blogger merangkap komengtator bisa guyup rukun di grup FB Koboys dan di ajang kopdar-kopdar dadakan maupun terencana. Awas hati-hati kalau masuk grub FB koboys, isine wong waras-waras ora kabeh 😛 (bingung ra?)

Jadi blogger koboys ya bermacam ragam isinya, seperti saya yang dari awal memang blogger campuran yang menulis hampir semua pengalaman hidup saya, ada yang memang khusus nulis roda dua, ada yang seneng diundang testride oleh pabrikan (termasuk saya), ada yang seneng lihat alexa (termasuk saya), ada yang FBH, ada yang FBY, ada yang dekat ATPM tertentu, ada yang masih al4ay, dll ini semua sah-sah saja di koboys.

Bahkan sebagian besar member koboys juga member indomotoblog.

Saya pribadi menerima dengan tangan terbuka, dan tentunya koboys akan juga senang menerima mas Tri gabung koboys, bahkan kemarin koboys juga sudah kopdar dengan bersama Mas Tri. Karena mas Tri tidak punya FB (guyon : mas tri tidak bisa indent online CBR250R, karena tidak punya FB, tapi memang buruan mas Tri bukan ini, ada bocoran kemarin, tapi ndak bisa saya bocorkan disini) maka gabungnya tentu masuk di agregator koboys, dan uniknya agregator koboys adalah, disini di rolling, tidak melulu yang diatas, diatas terus, jadi biar merata 😀 (semoga petugas rollingnya tidak lupa merolling, terutama yang jaketnya ada tulisanya RollinK alias tukang nge ROLL)

Ahli telekmatika al4y dan admind Koboys, disinyalir jaketnya ada tulisan ROLLINK

image

Bagaimanapun hampir sebagian besar koboys terinspirasi dari Warung Rondo dan Warung Ijo, seperti saya juga yang dipertemukan dengan sedulur-sedulur koboys karena menjadi komentator di kedua warung tersebut.

Koboys = sing penting paseduluran!

paseduluran nan indah yang tercermin dari akurnya motor-motor koboys

ada yang pijetan, tiduran, onlinan

%d bloggers like this: