bantu teman nawarin Rumah Joglo apik dan asri di Sedayu Bantul

Ceritanya kemarin teman saya semasa SMP di facebooknya minta tolong untuk mewartakan rumah JOGLO yang sedang dibangun olehnya dan sekarang sudah mencapai tahap finishing, sehingga beberapa minggu kedepan insya Allah sudah siap jual dan siap dipakai. Tadi pagi sekalian saja saya potret-potret dan melihatnya langsung, agar bisa saya deskripsikan dengan benar.

Tampak dari depan saya foto dari kampung barat jalan aspal

tampak depan lebih dekat

Tampak dari sisi selatan saya foto dari dekat jembatan

Tampak sisi selatan, saya foto dari depan pintu gapura

Letak rumah ini di kecamatan Sedayu Bantul. Tepatnya di dusun Bandut Lor, Argorejo, Sedayu, Bantul, Jogja. Kalau dari lampu Traffic Light Ringroad Gamping, Jalan Jogja-Wates, silahkan kebarat kearah Wates, 6 kilometer, nanti akan ketemu lampu Traffic Light pertama yaitu di depan POLSEK PEDES. Ambil sisi kiri saja di Traffic Light Polsek Pedes ini untuk persiapan belok masuk ke kiri, karena tinggal maju 200 meter, nanti akan ketemu pertigaan, ambil belok kiri (keselatan). Pertigaan ini letaknya di pojok timur komplek PLN Sedayu. Ikuti jalan aspal keselatan disamping PLN Sedayu sampai masuk dusun Bandut Lor, ikuti terus saja sampai kiri jalan ada TK Budi Mulia Dua, pelan-pelan saja karena rumah Joglo tinggal 200 meteran di kiri jalan, sebelum jembatan. Jarak dari pertigaan PLN SEDAYU Jalan Jogja-Wates sampai ke Rumah Jogjlo adalah 700 meter.

Gapura. Masih ditutup gedek bambu karena jogjlo masih tahap finishing.

tampak rumah dari depan

Masuk dari depan sudah disuguhi sebuah GAPURA atau pintu gerbang yang sebagian terbuat dari kayu lawas yang klasik, lalu masuk kehalaman yang lumayan lega dengan beberapa tanaman hias di pinggir luar sisi selatan, halaman ini dikeraskan dengan susunan batuan putih yang acak bentuknya, batuan putih ini asli, tidak digergaji, dan tidak bisa tumbuh lumt, sehingga menambah kesan seni. Saat melihat keluar dari halaman rumah, bisa melihat lepas kearah jalan raya dan jembatan, serta pepohonan hijau nan rindang dipinggir sungai kecil berjarak kira-kira 30 meteran, yang airnya mengalir jernih, suara gemericik air sungaipun menyapa telinga kita, menembus dan mendamaikan hati. Rumah Joglo ini bisa untuk rumah tinggal, ataupun bisa dibuat untuk rumah makan atau semacam angkringan klasik juga bisa. Luas tanahnya adalah 330 m2, SHM. Sedangkan luas banguman 300 m. Bangunan mepet di belakang dan samping, masih ada lahan kosong di belakang, tetapi di depan ada halaman yang lega.

Halaman dengan batu gamping putih sebagai lantainya

Gebyok depan

Saat melihat rumah ini pertama kalinya, rumah ini terdiri dari dua bagian, ada rumah tinggal dengan dua kamar diisi barat dan isitimur adalah rumah joglo. Pada rumah joglo saya langsung tertarik dengan jendelanya yang lebar dan diukir, lalu melihat keatas ternyata eternitnya juga dari lembaran kayu jati, masuk kedalam rumah terlihat empat tiang khas rumah joglo. Joglo ini memang asalnya dari beli lalu dibawa kesini untuk dipasang ulang terintegrasi menjadi rumah yang sekarang ini. Menurut informasi teman saya, kayu jatinya berusia satu abad atau 100 tahun.

tampak sebagian atap dari dalam ke pintu keluar di depan

Pandangan saya beralih ke dinding sisi utara, dindingnya paduan dari susunan batu putih, kalau di Gunungkidul batu putih seperti ini biasa disebut GIRING, yang ditengahnya dinding ada semacam jendela memanjang dan diberi hiasan ornamen dari kayu.

dinding sisi utara dari batu putih dan jendela berhias ornamen dari kayu

Beralih ke sisi barat, dindingnya disusun dari batu hitam, dan tanpa pintu atau jendela, ini disengaja karena rumah yang joglo ini didesain untuk rumah makan yang tidak terhubung ke rumah yang sebelah baratnya. Sedang sisi timur dinding plesteran semen biasa.

Dibagian belakang sisi kanan, masih ada tanah kosong berbentuk segitiga, bagian belakang ini ditembok yang bahannya berasal dari batu kokoh dan kuat setinggi kurang lebih 3 meter. Pokoknya rumah ini dibuat dari BATU dan KAYU, maklum yang membuat adalah juragan Batu Alam dari Karangmojo Gunungkidul.

Sisi barat, dindingnya dari batu hitam

tampak sisi atas ditengah-tengah joglo

umpak atau penopang tiang

rimbunan pohon ditepi sungai depan rumah

inilah sungai yang mengalir gemericik didepan dan samping rumah

Yang tidak kalah penting adalah sumber air, untuk sumber air rumah joglo ini bisa didapat dari sumur galian, dan airnya berlimpah.

Jadi silahkan yang mungkin sedang mencari rumah tinggal asri dan klasik, atau sedang mencari sebuah tempat usaha yang unik, bisa jadi rumah joglo ini akan berjodoh dengan anda. Dari sisi gegrafis, rumah joglo ini hanya 800 meter ke Pompa Bensin Sedayu, lalu kalau mau belanja sayur mayur ke pasar BUAH DAN SAYUR AMBARKETAWANG GAMPING hanya 7 kilo meter. Mau ke Pasar Godean juga dekat, hanya kisaran 8 kilometer. Untuk sekolah ada TK BUDIMULIA DUA yang hanya 200 meter diutaranya, ada SD BUDI MULIA DUA ketimur kira kira 4 kilometer, ada Universitas MERCUBUANA YOGYAKARTA (UMBY) dan sekolah SMA Kebangsaan Internasional yang sekomplek dengan UMBY. SD, SMP, SMA Negari juga dalam jangkauan hanya 3 kilometeran. Untuk warung retail moderan 24 jam juga ada di dekat Polsek Pedes. Sungguh letak rumah Joglo ini memang strategis dan dekat ketujuan manapun. Dan besok saat bandar udara pindah ke KulonProgo, kira kira hanya 40 menit saja pakai mobil atau motor jarak ke bandara.

Untuk urusan kuliner, di sekitar Polsek Pedes ada bakmi jowo enak langganan saya, juga ada warung nasi padang, warung bakso, ada juga bakmi jowo di depan DEPO PERTAMINA REWULU, Bakmi jowo depan Agro Sedayu, warung tenda di depan komplek PLN sedayu juga lengkap dari bebek goreng, ayam goreng, lele goreng, roti bakar, martabak. Untuk bebek goreng yang berkelas juga dekat, yaitu bebek goreng H. Saidi dekat Depo Pertamina Rewulu.

Rumah ini memang masih dalam tahap finishing, dan kata teman saya, dibuka dengan harga 800juta, bisa digoyang.

No Responses Yet

  1. mau dilepas berapa mas ?

  2. Wah aku mau tawarin bos go-tm siapa tau kecipratan 1 persen. kebetulan dia lagi nyari rumah buat bini ke 3 :).

    Komparasi Head to Head Iwan Banaran Vs TMCblog ada dimari gan! cekidot!

    http://garasiotomotif.com/komparasi-head-to-head-tmcblog-vs-iwanbanaran-whois-dbest/

  3. batu umpak apa lingga yoni itu??? minat ni hehehe_

  4. mas kadosipun limasan biasa nggih? , menawi sak ngertos kulo joglo wonten tengah-tengah langit 2 wonten bidang 2X bujursangkar, amergi wonten sekawan soko guru..

    CMIIW

  5. bagus infonya menarik

  6. […] nama dengan BAKMI JAWA LIMASAN, ini karena memang tempatnya berada di rumah limasan yang dulu juga pernah saya bantu iklan dijual, tapi belum ada harga yang cocok, sehingga sekarang malah dipakai sendiri untuk usaha kuliner bakmi […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: