Cara menghapus foto yang tidak terpakai di Galeri WordPress

tdk dilamp

Jatah kapasitas penyimpanan pada wordpress saya adalah 3 GB, dan saat ini telah mencapai 80% dari kapasitas yang diijinkan tersebut, padahal blog saya ini mayoritas full foto hasil bidikan saya sendiri, itulah mengapa kapasitas penyimpanan menjadi penting dan kritis bagi saya ketika hampir mencapai limit.

Memang baru 2,4 GB sehingga masih ada 600 MB ruang tersedia, sebenarnya masih lega juga.

Tadi saya mendapat whatsapp dari mas Amama untuk menghapus gambar yang tidak terpakai, pada bagian PUSTAKA.

Okelah saya masuk ke dashboard wordpress saya, lalu menuju PUSTAKA MEDIA seperti gambar pertama, lalu pilih saya  “TAK DILAMPIRKAN” dan pilih “ALL DATES” maka semua gambar/foto yang dulu sempat diunggah tapi tidak jadi dipakai, akan terlihat.

Kenapa ini bisa terjadi, sudah diunggah tapi tidak terpakai? Karena saya seringnya upload blog memakai WORDPRESS FOR ANDROID, dan kadang sudah selesai upload tapi gagal tayang karena data internet lemot, namun foto yang terlanjur diupload sudah masuk ke PUSTAKA MEDIA. Lalu saya menco posting lagi dan berhasil, maka foto yang sebelumnya tetap tidak terpakai.

 

tidak dilampirkan

Pada gambar dibawah ini terlihat STATUS foto yang terpakai maka pada DIUNGGAH KE : akan terisi

Sedangkan yang tidak terpakai maka STATUSNYA hanya UPLOADED BY : hadiyanta

Kita bisa menghapus satu persatu, tapi karena saya sudah 7 tahun nge blog, maka banyak sekali foto yang tidak terpakai meskipun sudah terupload di Pustaka Media.

Agar Efisien maka klik BULK SELECT lalu klik foto satu persatu yang mau dihapus, ada tanda centang biru yang sudah ditandai, memang masih agak lama juga prosesnya, tapi sudah lumayan cepat dengan cara ini. Lalu untuk mengahapus yang sudah ditandai, klik saja DELETE SELECTED. Maka gambar/foto yang tadi sudah ditandai akan di delete permanen dari Pustaka Media.

Ulangi terus proses tersebut jika masih ada gambar atau foto yang tidak tertaut atau terpakai di postingan.

Lumayanlah bisa untuk membuat lega jatah kapasitas penyimpanan. Saya sejak beberapa waktu yang lampau padahal sudah membatasi foto saya upload pada kisaran 700 px.

Semoga berguna.

diunggah

Foto yang terpakai pasti adata tautannya

 

tdk dilamp1

foto yang tidak terpakai, maka tidak ada tautan dnegan postingan apapun

 

del

Cara menghapus manual satu persatu

 

bulk select

Klik BULK SELECT untuk cara cepat menghapus

 

bulssleksk

Tampilan foto yang sudah ter BULK SELECT akan terlihat samar

 

selectmanual

Klik atau tandai diatas foto satu persatu, yang sudah ditandai maka akan terlihat tanda centang biru disudut kanan atas

 

 

 

 

tdk ada lamp

Penghapusan selesai

 

7 Responses

  1. nice info,om….semantara masih aman, heheh…maklum, baru ngeblog 1 tahun lalu 😉

  2. Cocok ki,nggonku akeh sing dobel2

  3. Juoz mas, jadi tambah ilmu ngeblog.

  4. Sip… nais inpoh mas

  5. terima kasih mas Hadi udah berbagi informasi. berkaitan dengan pembahasan gambar, saya ada masalah dengan gambar. jadi setiap gambar yang ngga di attach dalam posting dia akan tampil

    http://namadomain.com/?attachment_id=645 (id gambar beda beda)

    hal ini terdeteksi di google webmaster jadinya not found atau error 404.

    kalo dulu walau tidak di attach source gambar tampil seperti ini

    http://namadomain.com/wp-content/uploads/nama_file.jgp

    ada yang tau caranya ngga gimana cara mengatasinya.

    terima kasih sebelumnya.

  6. wah.. tibake akeh sing dobel2 mas nggonaku.. suwun

  7. foto yang dihapus tidak bermasalah dengan postingan di blog?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: