Seri Umroh : Memilih biro umroh yang terpercaya

Tulisan blog saya ini, mulai saat ini kedepan, Insya Allah akan lebih banyak bercerita pengalaman saya seputar UMROH dengan segala macam pernak perniknya yang baru saja saya jalani dari tanggal berangkat 23 Mei 2015 sampai tanggal pulang tiba di rumah tanggal 31 Mei 2015. Tulisan tulisan saya akan saya beri header judul SERI UMROH, baru kemudian judulnya.

image

Harapan saya adalah semoga apa yang menjadi pengalaman saya bisa bermanfaat bagi yang mau membaca dan bagi yang butuh informasi seputar mengerjakan ibadah umroh.

Mari kita mulai sesuai judul yaitu “memilih biro umroh yang terpercaya”.

Bukan hal gampang memang untuk memilih biro umroh.

Yang pertama mungkin ada baiknya bertanya kepada banyak kerabat atau saudara atau sahabat yang pernah umroh, bisa via medsos seperti fb, twitter dll biar gampang bertanya jawab, mereka memakai biro umroh apa? Catat nama biro dan alamatnya. Lalu tanyakan antara lain sbb :

BERAPA HARI PAKETNYA
Penting mengetahui paket umroh yang kita akan ambil itu berapa hari, misal ada paket 9 hari, itu dihitungnya bagaimana? Apakah dari berangkat sampai pulang kembali ke tanah air, atau itu hari efektif di madinah dan makkah?

MANASIK
Manasik setahu saya adalah latihan. Jadi latihan umroh. Mulai dari doa doanya dan kegitaan fisik seperti Towaf dan SA’I. Karena sudah ada aturan harus dilakukan bagaimana dan seperti apa doanya. Sebaiknya doa dihapalkan dan sebaiknya dilakukukan gladi bersih agar saat nanti benar benar melakukannya bisa mantab.

Biro umroh yang baik tentu akan melakukan beberapa kali manasik umroh. Coba tanyakan pasti tentang manasik ini.

MAKANAN
Nantinya di arab bagaimana? Apakah makanan indonesia atau makanan arab? Kalau pengalaman saya kemarin saat di hotel kota Makkah, sarapan pagi itu disediakan oleh HOTEL, dan sungguh MAKAN PAGI menu hotel ini menu indonesianya itu itu saja, agak membosankan karena tidak ada sayuran. Malah banyak ROTI dll yang saya tidak tahu nama makanannya. Kalau strategi saya adalah pilih makan buah berbagai macam dan makan nasi cuma sedikit saja disaat makan pagi menu hotel ini. Untuk makan siang dan makan sore disediakan oleh semacam katering yang sudah bekerja sama dengan biro umroh. Katering ini melayani semua biro umroh yang jamaahnya menginep di hotel yang sama. Tempat makan juga ada di hotel tetapi di semacam aula yang luas dengan meja kursi yang cukup. Setahu saya katering yang melayani makan siang dan malam di hotel PULL MAN tempat saya menginap adalah milik orang LOMBOK. Banyak karyawannya yang orang LOMBOK, tentu saja menu makanannya cita rasa indonesia banget. Ada bakso, nasi, sayur, krupuk, buah pisang, dll. Jadi tidak membosankan makanan dari katering ini. Alhamdulillah.

Kalau di Madinah Al Munawaroh, kami tinggal di HOTEL HARMONY dan makanannya disediakan hotel semua dari makan pagi siang dan malam, utungnya semua menu makanan sudah indonesia banget. Puas dengan hotel ini meskipun jauh dari Masjid Nabawi.

JADWAL
Penting juga tanyakan jadwal acara dari biro umroh saat berapa di tanah suci, jadwal dari jam ke jam misal pagi sarapan, lanjut ziarah ke masjid QUBA, dst dst, dan seberapa tepat jadwal tersebut dijalankan dan diterapkan. Sebab biro umroh yang pengalaman dan baik, pasti akan punya jadwal yang pasti dan sebisa mungkin dilaksanakan menuju 100%.

image

MASKAPAI
Tanyakan pula memakai maskapai penerbangan apa? Untuk satu hal ini saya lebih rekomended berangkat harus pakai GARUDA yang langsung terbang dari Indonesia yaitu BANDARA SOEKARNO HATTA menuju bandara KING ABDUL AZIZ di Jeddah, karena pikiran dan perasaan kita akan tenang dan fokus tanpa memikirkan transit. Penerbangan bisa berlangsung sekitar 9-10 jam.

Akan tetapi untuk pulang kalau terpaksa harus transit tidak begitu masalah, hitung-hitung tambah pengalaman mendarat di bandara bandara transit misal DUBAI, TURKI, SINGAPURA, dll.

Info dari sahabat saya bahwa tiket pesawat sekali jalan adalah 1800 RIYAL, kalau dikalikan Rp. 3.500 maka akan didapatkan Rp. 6,3 juta sekali jalan. Jadi untuk umroh ini memang penyedot dana terbesar adalah tiket pesawat yang kurang lebih 12,6 juta untuk PP.

image

Resiko pakai penerbangan yang harus mampir-mampir misal ke DUBAI dan Singapura, maka waktu kita banyak terbuang saat transit. Minimal 1 jam untuk transit.

HOTEL
Pilih biro yang syukur syukur memakai hotel yang dekat dengan Masjid Haram atau Masjid Nabawi. Karena memang kedua masjid ini dikelilingi oleh hotel hotel. Pastikan mendapat hotel yang paling dekat dengan masjid karena akan meringankan saat kita mau sholat atau keperluan ibadah lain di masjid, agar waktunya tidak terbuang untuk bolak balik hotel masjid hotel.

Info yang saya dapat, PULL MAN hotel ini sehari Rp. 3 juta. Kami mendapat kamar 825. Artinya lantai 8 kamar nomer 25. Untuk ke kamar kalau dari masjid harus naik via lift besar banget ke P11, caranya tinggal pencel tombol P11 yaitu lobby/resepsionis. Lalu masih lanjut lagi naik lift lagi menuju kamar lantai 8 dengan memencet rombol angka 8.

image

Saya kemarin di madinah mendapat Hotel Harmony. Letaknya 15 menit jalan kaki ke Masjid Nabawi. Lumayan jauh, hikmahnya semoga Allah memberikan pahala berlipat ibadah kita yang dilakukan dengan perjuangan lebih kuat dari yang lain yang hotelnya lebih dekat. Saat di makkah, kebetulan saya mendapat hotel di komplek hotel yang ada jam besar menjulang tinggi, yaity PULLMAN HOTEL. Pelataran hotel ini terhubung langsung ke Masjidil Haram, tetapi tetap saja saya pilih 30 menit sebelum adzan, saya sudah keluar kamar hotel menuju Masjidil Haram, agar masuknya tidak berjejal dan bisa mendapat tempat di depan Kakbah.

image

BIAYA.
Semua hal diatas adalah syarat syarat minimal yang harus kita tahu, lantas hal terakhir tentunya adalah biaya. Wajar untuk memperoleh yang terbaik itu pasti lebih mahal dari yang biasa biasa saja. Saya lebih sarankan biaya dalam dolar USD $, karena akan lebih fleksibel dan masuk akal ketika penguasa mata uang dunia adalah USD, maka saat keluar menuju negara lain maka kita pakai uang USD. Sebenarnya semua uang itu sama saja pada akhirnya tergantung mati kepada sistem uang USD.

Kemarin sempat tanya tanya ke jamaah lain dengan biro umroh berbeda, biaya umroh 12 hari berkisar 2300 USD atau sekitar 28-30 juta.

Menabung untuk umroh atau haji. Saran saya cuma satu. Tabunglah dalam bentuk emas logam mulia seperti ANTAM. Misal sebulan beli 1 gram LM. Maka besok saat kita jual, nilainya tidak akan susut.

Semoga berguna. Jika ada hal untuk ditanyakan silahkan bisa ditanyakan di kolom komentar atau bisa email saya.

Saya pribadi tingakat kepuasan dengan biro umroh yang kemarin saya pakai, hanya sekitar 75% saja.

2 Responses

  1. alhamdulillah mas…. saya perlu tambahkan..mohon maaf tapi harap berhati2 dengan penawaran umroh murah…karena seperti yg sdh diketahui biaya terbesar adalah untuk tiket yg PP saja sudah menghabiskan 12,6 juta sendiri…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: