Parkir mobil dan motor di sekitar bandara Adisucipto

image

Hari ini saya traveling ke Pontianak Kalimantan via udara dalam rangka acara HONDA, yaitu KONTES MEKANIK HONDA 2015.

Kemarin sempat ragu tentang parkiran motor di dekat bandara Adisucipto Jogja. Berhubung belum pernah parkir motor atau mobil di sekitar bandara, maka saya tadi dari rumah berangkat agak mruput sekitar jam 05:15, lewat jalan Godean lalu lurus menuju Tugu Jogja lalu belok kanan depan Gramedia dan menuju jalan Solo. Ternyata riding pakai motor di pagi begini sangat lenggang tanpa kemacetan.

image

Ini dia parkiran inap mbah No

Akhirnya jam 5:50 saya sampai di bandara adisucipto, tepatnya di parkiran motor utara REL KA. Pertama kali saya minggir di parkiran yang dijaga Mbah No, lalu oleh mbah No disuruh parkir di sebelah utaranya, memang parkiran Mbah No sudah full, dan baru saya ketahui setelah saya parkir dan menghampiri mbah No lalu bincang bincang.

Letak titipan mbah No ini di selatan persis gang masuk ke TITIPAN INAP WALUYO, saya tadi diarahkan ke TITIPAN INAP RIZKY BAROKAH ada diutara gang TITIPAN WALUYO.

Mbah No cerita kalau parkiran disekitar bandara ada 6 buah. Ada dua kategori utama, yaitu parkir menginap dan parkir tidak menginap. Tempat mbah No ternyata khusus parkiran yang menginap minimal 3 malam. Untuk parkiran yang seberang tempat mbah No adalah parkiran yang tidak menginap yaitu ada, di barat jalan di utara REL KA. Jadi memang parkiran ini sudah ada semacam pembagian rejeki. Ada yang parkiran menginap minimal 3 malam, ada yang menginap kurang dari tiga hari, dan ada yang cuma siang hari alias tidak menginap.

Apakah semua yang titip sepeda motor ini naik pesawat? Ternyata tidak, yaitu ada yang naik Kereta Api pramex.

Lalu biaya titip motor menginap berapa? Mbah No bilang per tanggal adalah 5ribu rupiah. Jadi motor saya besok mungkin habis 10ribu karena masuk tanggal 5 Sept 2015 dan saya ambil tanggal 6 Sept 2015. Untuk mobil saya lupa belum bertanya. Coba besok saya tanyakan.

Untuk titipan mobil, yang luas setahu saya adalah yang RIZKY BAROKAH tempat saya menitipkan motor saya hari ini.

Sebelum ini saya parkir motor di parkiran JANTI, bawah jembatan layang, utara jalan, samping timur persis pos polisi. Lalu naik bis transjogja 3.000 ke bandara, dan dari bandara ke Janti juga naik bis transjogja lagi. Itungannya 3.000+3.000+3.000 (parkir inap sepertinya segini) jatuhnya hampir sama kalau cuma semalam. Tapi kalau bermalam malam sebaiknya diparkiran Janti saja.

UPDATE :
hari minggu sore saya ambil motor di penitipan inap, dan saya bayar Rp. 10.000,- jadi benar kata mbah No bahwa per tanggal adalah Rp. 5.000,-

Semoga berguna.

image

image

image

image

One Response

  1. Josss… Mantep…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: