Pengalaman seminggu pakai Ninja250fi untuk harian

Ceritanya dahulu sebenarnya istri saya pingin saya beli ninja250, akan tetapi setelah saya perhitungkan dari berbagai hal, khususnya bahwa motor harus bisa saya bawa harian untuk ngantor dengan jarak tempuh minimal 80 km perhari, maka saya akhirnya pilih PCX 150 LED.

image

Untuk membuktikan bahwa pilihan saya tidak beli ninja250 adalah benar, maka saya putuskan untuk tukaran motor dengan pak dokter alvian, sedulur blogger koboys juga. Rencana awal sih saya pingin pakai selama paling tidak sebulan. Tetapi baru seminggu saya sudah keburu menyerah.

image

Kenapa saya menyerah? Semua ini saya bandingkan
dengan PCX 150 dan untuk harian lho, itu batasan saya menulis kali ini.

image

Pertama,
Pakai ninja250 untuk dipakai harian 80 km ternyata sama sekali tidak nyaman, leher pegal, dan maaf “burung” juga sakit kena tangki, ada masalah posisi riding sehingga bisa demikian, mungkin karena kaki saya panjang, dan terbukti kaki saya leluasa menapak jalan meski tanpa sepatu atau sandal sekalipun, pakai PCX masih lebih tinggi posisi duduknya, atau mungkin karena badan PCX gambot sehingga kaki harus lebih mengangkang.

image

Konsumsi bensin jelas boros ninja250 karena CC nya juga hampir lipat dua dari pada PCX150, untuk ninja250, minum bbm dua kali lipat dari pada PCX. PCX seliter pertamax bisa tembus 50 km, ninja hanya separonya dan kadang kurang.

Alasan kedua.
Entah kenapa saya tidak bisa menaklukan perpindahan gigi dari 1 ke 2, dan dari 2 ke 3. Mesti tidak bisa smooth menurut kebiasaan saya pakai motor bergigi seperti misal pulsar 180 saya.

Pakai ninja 250 memang enaknya untuk jalan kencang, saya buktikan pagi jam 4 wib dari rumah ke bandara bisa kurang dari 30 menit. Padahal kalau siang bisa 50-60 menitan. Tapi begitu dipakai siang hari ketemu macet, rekoso pakai ninja250, paha panas, berat handlingnya juga saat jalan pelan.

ALASAN KETIGA.
Saya harus bawa tas punggung saat pakai ninja250, minimal untuk membawa mantrol. Hal sebaliknya saat saya pakai PCX150, tas punggung bisa masuk ke bagasi PCX. Mengendarai motor tanpa beban tas punggung itu jelas lebih nyaman.

Jadi alhamdulillah saya dulu tidak beli ninja250 untuk harian saya ngantor 80km pp.

Tapi kalau misal punya rejeki lebih bolehlah pelihara ninja dipakainya seminggu sekali untuk halan halan.

image

hadiyanta.com/2012/04/11/icip-icip-kawasaki-er6f/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Kalo udah beli pcx 150 ati2 lho mas…
    Jangan nantangin adu balap / adu handling dg NMAX… bisa ditabokin tiap hari pcx nya.

  2. wah, kirain udah tukar tambah ma ninja pcx nya
    gak taunya tuker pinjem.
    tekorno seminggu wes ganti oli dewe + boros bbm e

  3. Lam knal mas bro dan smuanya,sya pengguna kawasaki ninja 4tak 250cc,sy mo tnya,oli apa yg kiranya co2k buat mtor sya tsb?mtorny bkn buat harian smnggu 3x plg dipakenya,mksh atas pencerahannya