Ramadhan bulan berkah, berikan reward mendidik untuk anak yang puasa

Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa, dimana hati menjadi lebih mudah melakukan kebaikan, karena pada dasarnya puasa tidak sekadar menahan lapar dan haus dari subuh sampai maghrib, akan tetapi lebih dari itu, puasa adalah pembersihan rohani. Sehingga rohani yang makin bersih ini akan menarik kuat bagaikan magnet untuk selalu berbuat bersih pula. Puasa juga menyehatkan secara fisik, ibarat turun mesin bagi sistem pencernakan, dan reset bagi indera lidah, Insya Allah puasa akan menyehatkan fisik pelakunya. Jadi lengkap sudah bahwa puasa akan menyehatkan fisik dan rohani.

Puasa merupakan kewajiban bagi umat Islam yang beriman, sehingga perlu sekali dilatih semenjak kanak-kanak. Jangan takut anak menjadi terganggu pertumbuhannya karena berpuasa. Untuk anak-anak usia SD bahkan TK bisa dilatih dengan puasa setengah hari, atau dalam lingkungan budaya Jawa disebut Puasa mBedug, karena saat Bedug berbunyi tengah hari tanda waktu Sholat Luhur tiba, maka anak-anak yang berlatih berpuasa boleh makan minum sekedarnya, lalu dilanjutkan puasa lagi sampai maghrib. Bukan hal ringan untuk pertama kali berpuasa bagi anak-anak meskipun itu hanya puasa mBedug. Penulis sendiri mengalami dahulu agar kuat kadang hari pertama dihabiskan untuk tiduran, lalu kadang saya dengan teman-teman dahulu mandi di Sungai yang  saat itu sungai masih jernih dan belum tercemar, sehingga badan jadi segar dan kuat berpuasa.

Jaman sekarang sudah beda jaman, tentu saja beda metode untuk membuat anak semangat berlatih puasa ramadhan. Salah satu cara yang saya gunakan dahulu untuk anak-anak saya adalah dengan memberinya point tertentu jika kuat puasa mBedug, dan dilipatkan dua jika ternyata kuat puasa sehari penuh. Disepakati point tersebut nanti bisa ditukarkan nominalo uang misal 1 point adalah Rp. 10.000,- sehingga jika misal anak kuat puasa mBedug selama 30 hari, maka akan mendapat 30 point, yang artinya mendapat Rp. 300.000,- kalau kuat puasa sehari penuh berarti mendapat Rp. 600.000,- Lalu nanti menjelang akhir ramadhan kita belikan barang yang sesuai keinginan anak kita.

Contoh toko online

Contoh toko online

Jaman semakin berkembang, saat ini belanja akan lebih hemat waktu dan biaya dengan cara belanja online. Untuk lebih memacu semangat anak, bisa juga salah satunya sebelum memasuki bulan puasa ramadhan, kita buka salah satu tempat berjualan online, lalu persilahkan anak memilih barang yang diinginkan, dan nanti dijanjikan setelah lebaran akan dibelikan dengan catatan puasanya bisa full.

Saya yakin dengan cara-cara seperti ini akan bisa lebih memacu anak untuk berpuasa. Namanya juga latihan, maka tidak ada salahnya hal ini dicoba. Ini juga menjadi semacam pendidikan bagi anak bahwa kebaikan akan mendapatkan reward kebaikan pula. Walaupun saya yakin tanpa anak harus berpuasa, kitapun akan membelikan barang tersebut, misalnya HP android. Jadi kenapa tidak dipakaikan cara ini, dari pada membelikan HP android kepada anak begitu saja, maka dengan cara syarat anak puasa full, lalu mendapat hadiah, maka bahkan HP Android tersebut akan terasa menjadi lebih berharga bagi anak, karena diperoleh dengan perjuangan, yaitu berpuasa ramadhan full sebulan, bukan dengan rengekan dan tangisan.

Bagi anda para orang tua yang saat ini anaknya masih susah berlatih puasa ramadhan, belum terlambat untuk mencobakan cara ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: