IDE SMS untuk menghalalkan bajakan film AYAT AYAT CINTA

Mungkin ide ini kelihatan konyol sekali, tetapi dari pada pemilik yang hak dan resmi dari film AAC sama sekali tidak mendapat tambahan penghasilan dari yang memang haknya, karena dibajak, maka apa salahnya saya lontarkan ide saya, dan siapa tahu bisa dilaksanakan. Sebab nyatanya pembajakan jalan terus.

 

 

Mode “ON” untuk seandainya saya jadi pemilik sah film AAC.

 

Seandainya saya jadi pemilik sah film AAC yang sudah terlanjut bocor dan dibajak dan ditonton oleh orang banyak, maka solusi saya gampang saja, saya akan bicara seperti ini, silahkan film saya AAC dibajak, silahkan beli bajakannya dan menontonnya, tapi ingat, ketika anda menonton film AAC dari CD bajakan, itu artinya anda hanya membayarkan uang ke sekeping CD, sedangkan kami yang membuatnya dengan susah payah, dengan ide, dengan totalitas acting, dengan tenaga dan biaya yang tidak sedikit, tidak anda beri upah sama sekali. Saya benar-benar tidak iklas sama sekali dan saya haramkan itu selama bagi mata anda, dan saya hitung anda berhutang kepada saya karena seharusnya anda beli tiket bioskop untuk menontonya secara halal dan legal, dan sesungguhnya hutang itu akan ditagihkan bahkan sampai di akherat jika di dunia ini anda tidak mau juga melunasinya, bisa jadi anda akan masuk neraka gara-gara melihat film bajakan ayat-ayat cinta milik kami dan anda tidak kunjung membayarkan yang menjadi hak kami. Ironis bukan?

Tetapi saya akan menjadikan halal dengan mudah untuk anda yang sudah terlanjur membeli CD bajakan AAC dan menontonnya dengan cara sebagai berikut.

 

  1. Anda harus mengulang untuk menonton AAC secara legal dengan membeli tiket film AAC dibioskop-bioskop resmi yang kami tunjuk.
  2. Jika anda merasa sudah cukup melihatnya lewat CD bajakan di rumah anda, karena mungkin anda telah melihatnya berulang kali di rumah anda, sehingga tidak mau untuk menonton lagi di bioskop, maka anda bisa menebus dosa dan hutang anda pada saya dengan langkah yang sangat mudah, yaitu cukup dengan berkirim SMS dari HP anda apapun kartu telepon yang anda pakai, sebab semua operator seluler GSM dan CDMA telah bekerja sama dengan kami. Begitu anda kirim SMS, maka pulsa anda akan terpotong Rp.10.000, nanti anda akan kami kirimi SMS notifikasi bahwa status anda sudah halal saat menonton film AAC, baik yang dahulu, atau setelah kirim SMS ini.

Caranya sebagai berikut:

 

Ketik SMS sebagai berikut, AAC kirim ke 3222 (kependekan dari faac, film ayat ayat cinta).

 

Saya hanya mengandalkan kejujuran dan keimanan anda, jika anda jujur dan juga menghargai kami yang sudah susah payah membuat film AAC ini, tentu anda akan senang hati kirim SMS pada kami. Semoga bangsa ini masih banyak berisi orang-orang yang jujur, karena saya berprasangka baik saja bahwa anda yang sempat nonton film AAC bajakan, itu karena terbatasnya waktu luang anda jika harus menyempatkan secara khusus menontonnya di gedung bioskop. Semoga solusi SMS ini menguntungkan dan meringankan bagi kita semua.

 

Mode “OFF” untuk seandainya saya jadi pemilik sah film AAC.

 

 

Hanung Bramantyo dalam salah satu infotainment yang saya sempat lihat kemarin, dia bilang bahwa yang memegang MASTER dari film AAC ada 5 orang, yaitu Hanung Bramantyo sebagai Sutradara, MD sebagai produsernya, Penata Musik, Lembaga Sensor Film, yang kelima agak-agak lupa, tetapi kalau tidak salah mungkin perusahaan DUBBER, karena ternyata film AAC ini semuanya di dubbing. Jadi kebocoran film AAC yang sekarang bajakannya telah beredar dan banyak ditonton itu bisa saja dari salah satu yang saya sebutkan diatas.

 

Sang produser pemilik MD bilang kerugian AAC karena pembajakan ini sekitar 3 kali lipat, gampangnya bila semua yang nonton AAC bajakan itu nonton di bioskop maka pendapatan AAC adalah 3 milyar (misalkan), tetapi karena yang nonton AAC resmi hanya sepertiganya saja, maka laba MD hanya 1 milyar saja.

 

Saya bahkan berpikir bahwa ide kirim SMS untuk membayar sesuatu barang bajakan yang kita pakai, kita dengar, kita tonton dll, ini bisa membantu pihak pemilik yang sah untuk mendapatkan haknya. Sebisa mungkin kita tekan angka pembajakan, tetapi nyatanya ya sulit sekali, jadi kenapa tidak pakai ide SMS dari saya ini, bahkan ini bisa dikembangkan lebih jauh lagi untuk lagu-lagu MP3 yang tentunya akan menguntungkan bagi para penerima royaltinya.

 

Misal saya seneng lagunya METALLICA yang berjudul ONE, sedang saya sudah mendapatkan lagu MP3 nya entah dari mana yang jelas bukan lagu yang legal, maka nantinya untuk melegalkan lagu tersebut, saya cukup SMS METALLICA spasi ONE lalu tinggal kirim ke nomor tertentu, misal 7777. Karena banyaknya lagu-lagu dari berbagai band, penyanyi juga macam judulnya, mungkin nantinya semua lagu dan penyanyi atau bandnya akan di kodekan dengan kode-kode angka tertentu. Misal METALLICA itu kodenya 6852, sedang lagunya yang berjudul ONE itu kodenya 0006, maka nanti saya cukup SMS sebagai berikut : 6852 0006 lalau saya kirim ke 7777

Setelah sukses terkirim, maka pulsa saya akan terpotong misalkan Rp. 3.000,00 (untuk satu lagu). Dan saya mendapatkan SMS notifikasi bahwa lagu METALLICA yang berjudul ONE telah legal untuk saya dengarkan.

 

Memang SMS seperti ini hanya mengandalkan kejujuran saja, tetapi bagi orang yang jujur, sungguh ini suatu sarana yang bisa memudahkan untuk istilahnya menjadikan sesuatu barang yang tadinya haram menjadi halal. Ilegal jadi legal.

 

Ini mungkin mirip PLAY NOW dari HP Sony Erisson, bedanya playnow, kan bayar dulu baru dapat lagu/ringtone (tapi kayaknya kadang pulsa terpotong lagu tidak dapat juga, istriku pernah ngalami).

Bayangkan seandainya metode playnow di aplikasikan untuk beli film, walah dengan kecepatan akses internet seperti sekarang ini, downloadnya tentu makan waktua lama banget. Dan apa HP dan memory HP kita mampu, lagi pula filmnya harus dirubah format 3GP dulu ya.

 

Kalau ide saya dibalik, kita beli CD film atau musik atau software yang bajakan dulu, baru kita SMS untuk melegalkan.

No Responses Yet

  1. Hmm…
    Mas… mudah memang untuk berbicara ini dan itu… Dan kita mengungkapkan suatu ide Project yang Ideal…

    Namun kenyataan di lapangan tidak semudah itu… Ditambah ahlak para pemirsa yg membeli VCD bajakan itu… apakah akan mengena dengan ucapan/tulisan yg mas sadurkan di atas ??

    Pada kenyataannya pula, Biaya pemotongan SMS premium dari operator yang diijinkan oleh pemerintah maksimum (sejauh yg saya tahu) Rp.3000.. adapun yg sekali sms pemotongannya Rp.5000, terakhir adalah kasus khusus saat waktu itu ada bencana di aceh (SMS Sumbangan Aceh)…. Jadi untuk pemotongan sampai Rp.10.000,- mesti gelitik-gelitik dulu pemerintah…

    Kedua, untuk mendapatkan hak akses SMS premium, dibutuhkan HIT SMS minimal… misalnya kontrak 10.000 SMS harus tercapai, jika tidak tercapai maka kena penalti… nah lho…

    Bahkan waktu saya sedang jalan2 di BEC, di tempat jual DVD… Saya mendengar sendiri dengan telinga saya… Bahwa ada seorang Bapak2, tanya ke pelayannya :

    A: “Mbak ada film Indonesia XXXX…”
    B: “..ada pak, harganya Rp.50.000, ”
    A: “…wah mahal…. yg bajakannya aja… Rp.5000,-”
    B: “…gak ada pak, kita setidaknya hargai produk dalam negeri pak, biar mereka pada maju…. Kalau film luar negeri beli bajakannya ya masih toleransi lah… tapi kalo film dalam negeri harus kita dukung pak…
    A: “…ah… biarin lah film dalam negeri juga… gak jadi beli ah…”

    kurang lebih seperti itu.

    Penyebab :
    1. Harga DVD/VCD Original dijual terlalu mahal bagi kebanyakan orang, jadi orang2 kita lebih memilih beli yg bajakannya… yang pas di kantong…
    2. Ahlak para pembeli tidak se ideal yg kita harapkan…. Sangat disayangkan… Ahlak Moral bangsa Indonesia saat ini sangat rendah… Susah cari orang baik yg bener2 lurus di Indonesia…

    Hmm… semoga ini jadi renungan.. dan manfaat bagi para pembacanya…

    Randi paugeran

    randi.paugeran@gmail.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: