Membaca Qur’an membaca ilmu pengetahuan

Alhamdulillah puasa ramadhan kemarin saya merasa lebih baik dari puasa-puasa sebelumnya, ya puasanya, ya aktifitas ibadah lainnya, salah satu contohnya adalah Tadarus Al Qur’an.

Masjid saya mulai sholat Isya sekitar jam 19:00, selepas sholat Isya’ dilanjutkan pengajian sekitar 20 Menit, setelah itu dilanjutkan sholat tarawih. Rampung sholat tarawih berkisar jam 20:30, dan barulah Tadarus Al Qur’an dimulai. Memang pesertanya hanya sekitar 10 orang untuk yang kaum laki-laki, itupun naik turun kadang hanya 4 orang kadang bisa 10 orang, itu karena misalkan saya sendiri kadang tidak bisa karena harus kerja shift malam. Untuk kaum perempuan, luamayan banyak sekali, bisa sampai 20 orang, terdiri dari Ibu-ibu dan remaja putri.

Sungguh jika kita membaca Al Qur’an secara baik dan benar panjang pendeknya saja, saya merasakan sudah seperti senam pernafasan, ada kenikmatan ruhani saat kita bisa membacanya secara baik dan benar, malah menurut saya tidak perlu terlalu cepat, sehingga bisa merasakan alur yang indah dari bacaan Al Qur’an. Uniknya Al Qur’an adalah ada surat surat tertentu yang rasanya mudah dibaca, mungkin karena ayatnya yang panjang-panjang dan hurufnya yang mudah. Tetapi ada juga Surat tertentu yang agak sulit, karena ayatnya pendek-pendek, dan hurufnya memang yang sukar-sukar.

Ramadhan memang usai dan kebanyakan dari kita juga usai pula membaca Al-Quran. Tetapi saya sendiri berusaha untuk lebih mempelajari Al Quran secara ilmiah. Masih ingat kalau baca cerita persilatan dari Koo Ping Hoo, ada perebutan sebuah kitab persilatan yang berisi jurus-jurus ampuh, sehingga jika berhasil mendapatkan kitab tersebut dan bisa mempelajarinya, maka akan menjadi sangat sakti dan menguasai dunia persilatan.

Umat manusia telah diberikan Kitab Suci Al Qur’an, sebuah kitab panduan yang dibuat oleh sang Pencipta, yang tentu saja lebih tahu apa-apa yang baik dan tidak baik bagi manusia. Saya sekarang memposisikan diri saya, pikiran saya, keimanan saya, bahwa Al Qur’an harus saya pelajari dengan lebih dalam lagi, tidak sekedar membacanya dengan mulut. Saya sungguh yakin Al Qur’an sebenarnya adalah petunjuk ilmu pengetahuan dari Allah. Al Quran tidak akan bertentangan dengan ilmu pengetahuan, dan sungguh jika kita bisa menafsirkan, bisa berfikir maka Al qur’an adalah acuan untuk kehidupan yang lebih baik, yang masuk akal.

Sejak kecil saya memang hoby membaca. Ini karena sejak kecil saya sudah berlangganan majalah kalau tidak salah majalah KUNCUNG, ini majalah lokal jogja kayaknya. Lalu majalah anak-anak BOBO, yang ini cuma nebeng baca di tempat teman, saya dulu suka ceritanya Deni si manusia ikan. Lalu aku langganan majalah SAHABAT, majalah anak islami. Ortuku juga dulu langganan majalah PANJI MASYARAKAT, jadi ikutan baca juga.

Saat di SMP suka meminjam buku-buku sastra, yang paling kuingat dulu banyak buku karangan MANSYUR SAMIN yang aku baca, kebanyakan menceritakan tentang kehidupan di tanah Sumatera, yaitu kebudayaan Minangkabau.

Tidak ketinggalan komik KHO PING HOO. Dan yang paling membekas adalah bukunya Karl May yaitu Winnetou Ketua Suku Apache, cerita tentang kehidupan cowboy di wilayah barat amerika yang keras.

Saat ini saya jelas tidak kesulitan untuk membaca apapun yang pingin saya baca, tinggal buka laptop, koneksikan ke internet via GPRS, lalu tinggal nyari bacaan via GOOGLE. Saat ini saya lagi seneng baca, MISTERI DUNIA, mulai dari PIRAMIDA MESIR, UFO, SEGITIGA BERMUDA, LEMURIAN, DLL.

Untuk memuaskan haus dahaga saya akan keilmiahan Al Qur’an, maka saya sekarang ini sedang mempelajari dan membaca-baca tulisan dan penafsiran Al Quran yang lebih ilmiah. Al Qur’an memang bisa ditafsirkan sesuai tingkat pengetahuan pembacanya. Alhamdulillah saya menemukan bacaan yang bagus tentang KIAMAT, tentang UFO, tentang Planet-planet dan tentang alam semesta dari segi ilmiah dan Al Qur’an.

Harusnya memang Al Qur’an kita posisikan sebagai petunjuk arah ilmu pengetahuan, bukan sekedar kalau ada ilmu pengetahuan baru yang ditemukan, lantas baru kita klaim, oh itu memang sesuai Al Qur’an.

Bagi anda yang berminat juga sungguh mudah, buka saja GOOGLE lalu ketik kata kunci misal Al Qur’an+kiamat+ilmiah, atau Al Qur’an bicara tentang UFO, atau Banjir nabi Nuh dari segi ilmiah dan Al Qur’an. Maka pencarian anda akan mendapatkan banyak sekali tulisan tulisan tentang hal tersebut. Selamat membaca.

Leave a Reply

%d bloggers like this: