Tata cara pajak motor lima tahunan di SAMSAT SLEMAN

image

Baris pertama antri dari kiri

image

Barisan kedua harus antri juga dari kiri

Intinya ada 6 langkah :
1. Cek fisik gesek nosin & noka
2. Loket 2
3. Loket IB
4. Loket IIIC
5. Loket IVB
6. LOKET VB

Mari kita mulai.

Bawa kendaraan kita ke SAMSAT, jangan lupa KTP, BPKB, STNK asli dibawa, jangan lupa sudah foto copy masing masing satu lembar.

Motor langsung terus masuk ke lahan cek fisik, ingat antrian  motor dari kiri ke kanan, nanti baris kedua juga dari kiri ke kanan. Jangan salah antri.

Saya tadi jam 07:50 WIB sampai di SAMSAT sudah antrian motor nomer 13.

Jam 8:00 petugas cek motor ada dua orang mulai bekerja dari antrian kiri depan. Disini membayar Rp. 15.000

Lalu motor selesai cek fisik dibawa menuju Loket 2 cek fisik yang kelihatan dari arena cek fisik, untuk mendapatkan pengesahan, disini tidak membayar.

Lalu motor dibawa keparkiran depan, yang ada di halaman samping samsat.

Jam 8:23 saya menuju Loket I B, berkas dikumpulkan di wadah yang disediakan. Karena panggilan tidak memakai pengeras suara, sebaiknya di LOKET IB ini kita mendekat loket agar bisa tahu dan dengar saat dipanggil petugas.

Jam 8:31 saya dipanggil di loket IB, saya tadi bayar Rp. 80.000 disini, kalau mobil siapkan Rp. 125.000. Kita mendapatkan formulir untuk diisi, isian tinggal nyontek di STNK atau BPKB. Jangan lupa bawa bolpen dari rumah. Isi sendiri mudah saja, tapi kalau males, ada juga jasa penulisan yang menawarkan diri, bayar seiklasnya. Tadi samping saya bayar 5.000, kalau saya pilih tulis sendiri.

Ternyata 10 menit saya mengisi formulir pemberian dari loket IB, lalu saya kumpulkan di loket IIIC.

Jam 8:41 mengumpulkan formulir loket III C, ingat antri dari kanan. Saya mendapat nomer E 1027. Disini BPKB asli dikembalikan ke kita.

Jam 9:00 WIB Antrian E 1010 E 1020 dipanggil.

Jam 9:03 Panggilan E 1011 sampai 1030, bayar di loket IV B yaitu 182.000. Disini KTP asli dikembalikan.

Jam 9:10 saya selesai bayar di loket IV B

Jam 9:30 WIB, Panggilanloket VB untuk saya.

Ternyata plat nomer dijanjikan jadi dan diminta ambil pada tanggal 27 September 2016.

Jam 9:35 sampai parkiran, bayar Rp. 2000, lalu pulang.

Alhamdulillah.

Mudah bukan.

Semoga bermanfaat.

image

Cek fisik dimulai

image

Giliran betty cek nomer rangka

image

Cek nomer mesin

image

Loket II nampak dikejauhan

image

Antri di loket I B

image

Antri di Loket IIIC

image

Dapat nomer ini

image

Menunggu panggilan bayar di loket IV

image

Loket V B nunggu STNK jadi

image

Pakai motor matic, pilihan paling enak saat ini (nglirik PCX)

image

Dari rumah posisi 28.726,0 KM

Pagi ini saya memang berniat berangkat ngantor jam 6 WIB dari rumah memakai honda beat, mumpung istri lagi libur dan saya agak jeleh memakai pulsar.

Entah kenapa selama seminggu kemarin jalanan yang saya lewati banyak macetnya. Tercatat kemacetan dimulai di bangjo kidsfun karena jalan jogja wonosari sedang diaspal ulang untuk menyambut para pemudik, lalu di bangjo ringroad selatan jalan paris dsri arah timur antri panjang untuk mobil dan motor dimulai dari timur hotel ROS IN antrinya, lalu di jalan Wates Gamping ke barat juga lumayan macet. Saya bisa makan waktu 80-90 menit sepertinya perjalanan 35 KM via ringroad.

Dari rumah speedometer saya foto di angka 28.726,0 KM. Saya melewati museum Soeharto menuju Patukan lalu Wirobrajan. Pas 10 KM sampai di bangjo Wirobrajan, saya tempuh 15 menit.

Lanjut terus ke timur sampai bangjo SGM MUJA MUJU. Lalu menuju JEC dan terus ke timur melewati BLOK O. Ambil jalan menuju Berbah dan melewati sawah yang dulu terkenal ada BEKAS UFO MENDARAT itu, lalu tembus ke prapatan MUNGGUR.

Prapatan munggur ke timur melewati Petir dan naik menuju UMBULSARI lalu masuk ke NGORO ORO.

Sampai deh di kantor. Total jarak tempuh 32,6 KM, dan waktu tempuhnya 60 menit. Kondisi jalan lenggang dan hanya terhambat pas lampu bangjo merah.

Penak juga naik motor matic lewat tengah kota jogja saat sepi begini. Rata rata saya jalan 50-70 kpj. Ah coba pakai PCX yang sesuai dengan badan saya hehe.

image

Sampai Wirobrajan pas 10 KM, ditempuh 15 menit

image

Sampai Muja Muju SGM

image

Sampai Blok O timur JEC

image

20 KM pas didepan gerbang AU BERBAH

image

Perempatan Munggur menuju PETIR

image

Siap nanjak menuju UMBULSARI-NGORO ORO GUNUNGKIDUL

image

image

Umbulsari perbatasan Bantul - Gunungkidul

image

Sampai kantor. Satu jam pas. Jarak tempuh 32,6 KM

image

Sampai kantor

Servin rutin betty di ahass insani godean

image

Seperti biasa saya servis rutin betty di AHASS INSANI GODEAN, kali ini adalah ganti olie, dan ganti olor speedometer yang mati, tapi apa daya ternyata olor speedometernya kosong, walhasil betty tetap buta tuh kecepatannya.

Sepulang dari servis saya, makan soto pak soleh di sebelah timur AHASS, setelah itu saya pulang, eh lha kok baru sampai selatan pasar godean, tiba tiba betty mogok, gak mau bunyi, cek bensin masih ada, kesimpulannya pasti ada yang gak beres ini, lalu saya telp AHASS Insani, minta ditolong kok macet sehabis servis, untunglah mekanik langsung datang, dan cek bensin (tentu masih ada), lalu cek busi, tentu juga masih bagus karena servis yang sebelum ini saya ganti. Saya pikir sih karburator atau apa yang gak beres, tetapi oleh mekanik cuma dikasih tahu bahwa kompresi ilang. hadoh kok bisa???? ini saya yang cowok saja susah kalau macet gak jelas gini, apalagi ini betty adalah motor keseharian istri saya, tobat kan kalau mocat macet dijalan.

Benar saja tadi pagi betty macet-macet saat mau dipakai istri saya beli snack untuk para pekerja yang lagi membangun pagar di rumah saya. Saya sih gak curiga, langsung saya kasih bensin dari si Black Coyote, dan lalu dipakai lagi oleh istri, ternyata pulang dari warung, istri bilang kalau betty hampir tiap 100 meteran mati. jiah berarti kambuh nih penyakit.

Saya langsung deh curhat ke AHM Jombor, dan beruntungnya saya, betty diambil untuk diservis ulang, semoga saja nanti bisa sehat seperti sedia kala. Karena saya gak mungkin bawa betty sendiri ke AHM Jombor dengan kondisi macet macet begitu.

Untuk AHM Jombor semoga ini menjadi masukan yang berharga, bahwa konsumen seperti saya yang servis rutin ke AHASS itu pada dasarnya manut dan ngikut saja apa diagnosa mekanik, misal ada bagian-bagian yang perlu diganti, dan itu memang masuk akal dan masuk KM nya untuk diganti, kami konsumen tidak masalah kok, apalagi saya menganut faham saya tidak pingin susah macet dijalan, mending ganti secara teratur komponen yang wajib diganti. Ketersediaan sparepart saya juga minta AHM untuk lebih ditingkatnya lagi agar tidak ada kekosongan sparepart di bengkel AHASS yang 3S. Bagaimanapun konsumen sepeda motor honda itu banyak, maka manajemen distribusi sparepart memang kudu jeli dan lengkap.

Selalu ada hal positif dari kejadian kejadian yang kurang membuat nyaman seperti yang saya alami demi lebih terjamin kepuasan konsumen sepeda motor honda semua type.

Motor rusak itu hal yang wajar, dan tanggapan dari AHM sungguh cepat dan baik. Sepeda motor memang tidak bisa terpisahkan lagi saat ini kegunaannya, jadi memang susah kalau sampai rusak dan tidak bisa menggunakannya.

image

image

image

image

Servis betty di ahass insani Godean, eh ada free wifi lho

image

 

Saya lupa kapan terakhir servis betty, sehingga kemarin nekat saja saya servis dan ganti olie, takutnya jika terlambat, kalaupun terlalu cepat ya gak masalah. Seperti biasa saya servis di bengkel ahass insani godean, saya sampai bengkel jam 8:10 menit, lhah kok antrinya sudah banyak, baru jam 9:30 si betty tiba giliran di servis. Dan pada jam 9:35 kelar servisnya, saya sengaja tidak minta dicuci karena sudah terlambat ngantor, lagipula tadi pagi baru saja saya cuci.

Servis di ahass ini mendapat teh botol, cuci dan sekarang tambah lagi, wifi gratis, lumayan kemarin saya coba pake android andromax i milik saya lumayan lancar. Jadi betah deh walau antri agak lama. Yang kurang adalah colokan listrik dekat tempat duduk untuk antri, sehingga bisa sekalian charger HP, tau sendiri kan borosnya batre android.

15.590 Km jarak yan sudah ditempuh si betty ini.

image

image

image

image

pajak pertamax si betty

Tanggal 11 April adalah limit terakhir pajak si betty, honda beat yang dipakai istri. Maka tanggal 10 April 2012 saya usahakan untuk bayar pajak. Pajak dan Asuransi tentunya (asuransi kok diwajibkan ya????)

Jalan di depan BPD Piyungan

Saya baru tahu 3 temapt untuk bayar pajak, yaitu di Amplaz corner, di Samsat online jalan Parnagtritis Bantul, dan di BPD Piyungan Jalan Wonosari. Saya menuju ke Samsat Online di Jalan Parangtritis, yaitu perempatan ringroad parangtritis keselatan 500 meter di barat jalan. Sampai di depan Samsat kok kayaknya sudah penuh motor parkir, maka saya urungkan dan langsung ke BPD Piyungan Jalan Wonosari. Agak jauh dikit, tapi lumayan saya cuma antri sektiar 15 menit dari awal mula menumpuk berkas dan terakhirnya menerima STNK yang sudah jadi dan sudah bayar pajak.

Jam dan hari pelayanan

meja pajak motor

Syaratnya seperti biasa, STKN asli, BPKB asli, KTP Asli dan semua dikopi satu-satu. Ditumpuk di meja yang khusu melayani pajak motor, lalu tunggu proses dan panggilan untuk nota bayar pajak ke kasir BPD, setelah bayar, balik lagi ke meja pajak motor, nunggu proses sekitar 5 menit, jadi deh. Mudah ya bayar pajak. Saya lihat habis Rp. 182.000,- yang bikin sedikit ngganjel dihati adalah adanya kewajiban asuransi.

Sekadar tambahan info, untuk yang rumahnya di sleman bagian selatan, kawasan Kecamatan Moyudan, Godean, Minggir malah lebih dekat ke BPD kulonprogo, jalan Godean kebarat terus, nyebrang kjembatan progo, nanti belok kiri.

Servis betty di 4000km atau max 6 bulan dari pembelian

image

image

image

image

Baru 3.700 san sih, tapi besok tanggal 4 okt 2011 pas 6 bulan.

Betty servis kedua di 2000km

image

image

Selangkapnya klik disini Continue reading

%d bloggers like this: